, Rosida Ainunisa (2023) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU TEMATIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
ROSIDA AINUNISA 23040160117 PGMI.pdf Download (3MB) |
|
Text
ROSIDA AINUNISA 23040160117 PGMI.pdf Download (3MB) |
|
Text
ROSIDA AINUNISA 23040160117 PGMI.pdf Download (3MB) |
|
Text
ROSIDA AINUNISA 23040160117 PGMI.pdf Download (3MB) |
|
Text
ROSIDA AINUNISA 23040160117 PGMI.pdf Download (3MB) |
|
Text
ROSIDA AINUNISA 23040160117 PGMI.pdf Download (3MB) |
|
Text
ROSIDA AINUNISA 23040160117 PGMI.pdf Download (3MB) |
|
Text
ROSIDA AINUNISA 23040160117 PGMI.pdf Download (3MB) |
|
Text
ROSIDA AINUNISA 23040160117 PGMI.pdf Download (3MB) |
|
Text
ROSIDA AINUNISA 23040160117 PGMI.pdf Download (3MB) |
|
Text
ROSIDA AINUNISA 23040160117 PGMI.pdf Download (3MB) |
|
Text
ROSIDA AINUNISA 23040160117 PGMI.pdf Download (3MB) |
|
Text
ROSIDA AINUNISA 23040160117 PGMI.pdf Download (3MB) |
|
Text
ROSIDA AINUNISA 23040160117 PGMI.pdf Download (3MB) |
|
Text
ROSIDA AINUNISA 23040160117 PGMI.pdf Download (3MB) |
|
Text
ROSIDA AINUNISA 23040160117 PGMI.pdf Download (3MB) |
|
Text
ROSIDA AINUNISA 23040160117 PGMI.pdf Download (3MB) |
|
Text
ROSIDA AINUNISA 23040160117 PGMI.pdf Download (3MB) |
|
Text
ROSIDA AINUNISA 23040160117 PGMI.pdf Download (3MB) |
|
Text
ROSIDA AINUNISA 23040160117 PGMI.pdf Download (3MB) |
|
Text
ROSIDA AINUNISA 23040160117 PGMI.pdf Download (3MB) |
|
Text
ROSIDA AINUNISA 23040160117 PGMI.pdf Download (3MB) |
|
Text
ROSIDA AINUNISA 23040160117 PGMI.pdf Download (3MB) |
|
Text
ROSIDA AINUNISA 23040160117 PGMI.pdf Download (3MB) |
|
Text
ROSIDA AINUNISA 23040160117 PGMI.pdf Download (3MB) |
|
Text
ROSIDA AINUNISA 23040160117 PGMI.pdf Download (3MB) |
|
Text
ROSIDA AINUNISA 23040160117 PGMI.pdf Download (3MB) |
|
Text
ROSIDA AINUNISA 23040160117 PGMI.pdf Download (3MB) |
|
Text
ROSIDA AINUNISA 23040160117 PGMI.pdf Download (3MB) |
|
Text
ROSIDA AINUNISA 23040160117 PGMI.pdf Download (3MB) |
|
Text
ROSIDA AINUNISA 23040160117 PGMI.pdf Download (3MB) |
|
Text
ROSIDA AINUNISA 23040160117 PGMI.pdf Download (3MB) |
|
Text
ROSIDA AINUNISA 23040160117 PGMI.pdf Download (3MB) |
|
Text
ROSIDA AINUNISA 23040160117 PGMI.pdf Download (3MB) |
|
Text
ROSIDA AINUNISA 23040160117 PGMI.pdf Download (3MB) |
|
Text
ROSIDA AINUNISA 23040160117 PGMI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Ainunisa, Rosida. 2021. Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Buku Tematik Dalam Proses Pembelajaran IPA Bagi Siswa Kelas IV MI Arrosyidin Windusari Kab. Magelang Tahun 2021. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negari Salatiga. Pembimbing: Dr. Hj. Maslikhah. S. Ag, M. Si. Kata Kunci: nilai-nilai pendidikan karakter; buku tematik; proses pembelajaran IPA. Nilai-nilai pendidikan karakter pada buku tematik dalam proses pembelajaran IPA penelitian ini yang bertujuan adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter apa saja pada buku tematik dalam proses pembelajaran IPA, guru mengajarkan nilai-nilai pendidikan karakter pada buku tematik dalam proses pembelajara IPA, kesulitan guru dalam mengajarkan nilai-nilai pendidikan karakter pada buku tematik dalam proses pembelajaran IPA, guru mengatasi kesulitan dalam mengajarkan nilai-nilai pendidikan karakter pada buku tematik dalam proses pembelajaran IPA. Metode dalam penelitian ini yang menggunakan jenis penelitian adalah jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode penelitian meliputi: jenis penelitian, waktu dan tempat penelitian, sumber dan data penelitian, objek penelitian, subjek penelitian, prosedur penelitian, teknik pengumpulan data, dan pengecekan keabsahan data. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (menarik kesimpulan). Berdasarkan hasil penelitian yang dapat menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter dengan menggunakan langkah perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran IPA. Perencanaan pembelajaran IPA yang digunakan tidak dibuat sendiri oleh guru. Sedangkan pelaksanaan pembelajaran guru menyisipkan nilai-nilai pendidikan karakter dalam setiap kegiatan pembelajaran, serta menciptakan suasana belajar yang kondutif. Dalam hal yang menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter terdiri dari 18 nilai karakter dalam pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa oleh kemendikbud. Dalam pembelajaran tematik guru yang terdapat 9 nilai karakter yang ditemukan yaitu religius, jujur, toleransi, displin, kreatif, peduli sosial, percaya diri dan peduli lingkungan. Untuk hambatan bagi guru dalam mengatasi kesulitan: bagi sekolah, bagi guru bagi siswa dan bagi peneliti.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 14 Nov 2023 15:17 |
Last Modified: | 14 Nov 2023 15:17 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19366 |
Actions (login required)
View Item |