PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH REFERENCE GROUP DAN MOTIVASI MENGHINDARI RIBA TERHADAP MINAT SANTRI MENJADI NASABAH BANK SYARIAH DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Zainudin, Ahmad (2023) PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH REFERENCE GROUP DAN MOTIVASI MENGHINDARI RIBA TERHADAP MINAT SANTRI MENJADI NASABAH BANK SYARIAH DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Naskah skripsi lengkap Ahmad Zainudin newwww.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Naskah skripsi lengkap Ahmad Zainudin newwww.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Naskah skripsi lengkap Ahmad Zainudin newwww.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Naskah skripsi lengkap Ahmad Zainudin newwww.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari literasi keuangan syariah, reference group, motivasi menghindari riba terhadap minat santri menjadi nasabah bank syariah dengan religiusitas sebagai variabel moderasi. Populasi penelitian ini adalah santri pondok pesantren di kecamatan Tuntang, Semarang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 88 responden dengan menggunakan teknik random sampling. Penulis menggunakan metode kuantitatif dimana sumber datanya diperoleh dari data primer. Alat bantu penelitian ini menggunakan SPSS versi 23. Analisis data menggunakan uji instrumen, statistika, asumsi klasik dan moderated regression analysis. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa : literasi keuangan syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat santri. Reference group berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat santri. Motivasi menghindari riba berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat santri. Religiusitas tidak mampu memoderasi literasi keuangan syariah terhadap minat santri. Religiusitas tidak mampu memoderasi reference group terhadap minat santri. Religiusitas tidak mampu memoderasi motivasi menghindari riba terhadap minat santri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Nov 2023 20:34
Last Modified: 14 Nov 2023 20:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19377

Actions (login required)

View Item View Item