PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN POKOK BAHASAN OPERASI BILANGAN BULAT MELALUI METODE TUTOR SEBAYA DAN MEDIA MOBIL GARIS BILANGAN DI MIS IMAM PURO PUCANGAGUNG

sya’adhah, Neny Fatdhillah (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN POKOK BAHASAN OPERASI BILANGAN BULAT MELALUI METODE TUTOR SEBAYA DAN MEDIA MOBIL GARIS BILANGAN DI MIS IMAM PURO PUCANGAGUNG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
NENY FASYA 23040190062.pdf

Download (4MB)
[img] Text
NENY FASYA 23040190062.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sya’adhah, Neny Fatdhillah. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Pokok Bahasan Operasi Bilangan Bulat Melalui Metode Tutor Sebaya dan Media Mobil Garis Bilangan di MIS Imam Puro Pucangagung”. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Tutor Sebaya, Media Mobil Garis Bilangan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika dengan pokok bahasan operasi bilangan bulat melalui metode tutor sebaya dan media mobil garis bilangan di MIS Imam Puro Pucangagung. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi, soal tes dan dokumentasi. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila siswa mencapai ketuntasan belajar klasikal ≥ 85% dengan ketuntasan hasil belajar secara individu sebesar ≥ 75. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode tutor sebaya dan media mobil garis bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pra siklus sebanyak 4 siswa yang tuntas (17%) dan 19 siswa yang belum tuntas (83%). Pada siklus I terdapat 9 siswa yang tuntas (39%) dan 14 siswa yang belum tuntas (61%). Sedangkan pada siklus II terdapat peningkatan 20 siswa yang tuntas (87%) dan 3 siswa yang belum tuntas (13%). Disamping itu terdapat peningkatan hasil belajar antara siklus I ke siklus II sebesar 48%. Oleh karena itu, penelitian ini dinyatakan berhasil karena telah memenuhi ketuntasan keberhasilan klasikal yakni persentase hasil belajar siswa 87% ≥ 85%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Nov 2023 00:58
Last Modified: 15 Nov 2023 00:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19387

Actions (login required)

View Item View Item