PENINGKATAN HASIL BELAJAR TOPIK INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN MELALUI JELAJAH ALAM SEKITAR BERBASIS INKUIRI PADA SISWA KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 11 KEDAWUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

yulianti, Putri (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR TOPIK INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN MELALUI JELAJAH ALAM SEKITAR BERBASIS INKUIRI PADA SISWA KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 11 KEDAWUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
PUTRI YULIANTI 23060190015.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Putri Yulianti.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Putri Yulianti.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Putri Yulianti.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Jelajah Alam Sekitar berbasis Inkuiri pada topik interaksi makhluk hidup dengan lingkungan terhadap siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 11 Kedawung tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang di dalamnya terdapat empat tahapan, yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observing) dan refleksi (reflection) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 11 Kedawung yang berjumlah 25 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari: lembar tes yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa; lembar observasi siswa dan guru yang diisi oleh guru mata pelajaran IPA dan peneliti; angket respon siswa untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran yang telah menerapkan model jelajah alam sekitar berbasis inkuiri, khususnya pada topik interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan penerapan model jelajah alam sekitar berbasis inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar topik interaksi makhluk hidup dengan lingkungan pada siswa kelas VII A. Hal tersebut dapat diketahui dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang semula pada siklus I, rata-rata hasil belajar siswa hanya mencapai nilai 45,2, dengan siswa yang memiliki kategori tuntas sebanyak 4 siswa dan persentase sebesar 16%. Pada siklus II terdapat 10 siswa tuntas dengan persentase 40% dan rata-rata nilai hasil belajar mencapai 75,6. Sedangakan pada siklus III menunjukan sebnayak 92% atau 23 siswa yang memuliki kategori tuntas dengan rata-rata nilai hasil belajar mencapai 83,6. Penelitian ini berhenti pada siklus III, karena pada siklus tersebut indikator keberhasilan yang ditentukan telah tercapai, yaitu 85% dari jumlah total siswa dalam kelas tersebut dapat mencapai nilai ≥75.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Nov 2023 16:52
Last Modified: 15 Nov 2023 16:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19394

Actions (login required)

View Item View Item