EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE TECHNOLOGY AND SOCIETY PADA POKOK BAHASAN LAPISAN BUMI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII MTs MIFTAHUL HUDA NGASEM KABUPATEN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Hidayah, Nadia Amalia Falentin (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE TECHNOLOGY AND SOCIETY PADA POKOK BAHASAN LAPISAN BUMI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII MTs MIFTAHUL HUDA NGASEM KABUPATEN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
NADIA AMALIA_SKRIPSI_TADRIS IPA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
NADIA AMALIA_SKRIPSI_TADRIS IPA.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Hidayah, Nadia Amalia Falentin. 2023. Efektivitas Model Pembelajaran Science Technology and Society (STS) Pada Pokok Bahasan Lapisan Bumi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII MTs Miftahul Huda Ngasem Kabupaten Jepara Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Muslimah Susilayati, M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas; Berpikir Kritis; Pendekatan Science Technology and Society (STS) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Science Technology and Society (STS) pada pokok bahasan lapisan bumi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII MTs. Miftahul Huda Ngasem Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian termasuk kedalam penelitian kuantitatif dengan model True Experiment bentuk Pretest Posttest Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII (A, B, dan C). Cluster Random Sampling dipilih untuk penentuan sampel penelitian. Kelas VII C dipilih sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan datanya terdiri dari metode tes berupa lembar soal tes untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran STS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, serta metode non tes berupa lembar observasi aktivitas guru untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran STS oleh guru. Hasil penelitian menunjukkan pemerolehan skor rata-rata kelas eksperimen sebesar 76,09 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 65. Berdasarkan analisis Independent Sample T-Test didapatkan nilai thitung (3,920) > ttabel (2,015) dan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05, sehingga dapat dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap nilai posttest diantara kedua kelas tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Science Technology and Society (STS) efektif pada pokok bahasan lapisan bumi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII MTs Miftahul Huda Ngasem Kabupaten Jepara Tahun Pelajaran 2022/2023. Oleh karena itu perlu dilakukan penerapan model pembelajaran Science Technology and Society (STS) oleh guru pengampu mata pelajaran IPA sehingga siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya setelah mengikuti pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2023 04:15
Last Modified: 16 Nov 2023 04:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19411

Actions (login required)

View Item View Item