INTERNALISASI NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENANAMAN TOLERANSI BERAGAMA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA SISWA PENGGALANG DI SMP NEGERI 2 SALATIGA

Khasanah, Isnaeni Nur (2023) INTERNALISASI NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENANAMAN TOLERANSI BERAGAMA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA SISWA PENGGALANG DI SMP NEGERI 2 SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Tesis isnaeni nur khasanah pascasarjana PAI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Tesis isnaeni nur khasanah.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan memaparkan Internalisasi Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Penanaman Toleransi Beragama Melalui Kegiatan Esktrakurikuler Pramuka di SMP Negeri 2 Salatiga. Dalam rangka menggali data dalam penelitian ini dengan pertanyaan utama yang harus dijawab meliputi: Internalisasi nilai toleransi beragama melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka penggalang di SMP Negeri 2 Salatiga; Internalisasi nilai Pendidikan Agama Islam dalam penanaman toleransi beragama siswa penggalang di SMP Negeri 2 Salatiga; dampak yang diperoleh siswa penggalang pengamalan toleransi beragama melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMP Negeri 2 Salatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. subjek penelitian yaitu kepala sekolah sebagai ka mabigus, pembina pramuka putra dan putri serta objek penelitian yaitu internalisasi nilai pendidikan agama Islam dalam penanaman toleransi beragama melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka pranggalang. Hasil penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) kegiatan ekstrakurikuler pramuka penanaman toleransi beragama terdapat dua bentuk yakni a) kegiatan ekstrakurikuler pramuka rutin terdapat nilai aqidah (keyakinan) terletak pada menghargai teman yang sedang beribadah sesuai dengan keyakinan masingmasing, nilai ibadah terletak membebaskan waktu untuk beribadah seperti sholat wajib, dan nilai akhlak (perbuatan) terletak pada menyimpang diberikan arahan, b) kegiatan ekstrakurikuler pramuka terdapat nilai aqidah (keyakinan) terletak pada menghargai dengan menyediakan tempat ibadah di alam terbuka, nilai ibadah terletak pada kegiatan keagamaan yang terjadwal dari pihak sekolah seperti kegiatan sholat wajib berjama’ah, tadarus Al-Qur’an sedangkan peseteruan doa pada kegiatan keagamaan non muslim, dan nilai akhlak (perbuatan) terletak perilaku siswa dalam menemukan uang temuaan dan dilaporkan ke pembina; 2) internalisasi nilai pendidikan agama Islam dalam penanaman toleransi beragama memiliki tiga tahap yaitu tahap tranformasi nilai, tahap transaksi nilai, tahap trans-internalisasi nilai, 3) dampak positif yang diperoleh siswa penggalang setelah mengamalkan toleransi beragama di kehidupan sehari-hari yakni hidup menjadi damai, banyak teman, dapat bersosialisasi, sedangkan dampak negatif yang diperoleh siswa jika tidak mengamalkan toleransi beragama yakni dapat banyak musuh, terjadi perkelahian, teman non muslim menjadi tidak nyaman.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2023 14:24
Last Modified: 16 Nov 2023 14:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19413

Actions (login required)

View Item View Item