MAJĀZ PADA SYI’IR MAḤĀL AL-QIYĀM DALAM KITAB MAULID AL-ḌIYĀ’U AL-LĀMI’ KARYA AL HABIB UMAR BIN BIN HAFIZH (kajian Majāz)

, Muhammad shahril Rifa'i (2023) MAJĀZ PADA SYI’IR MAḤĀL AL-QIYĀM DALAM KITAB MAULID AL-ḌIYĀ’U AL-LĀMI’ KARYA AL HABIB UMAR BIN BIN HAFIZH (kajian Majāz). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi rifai.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sastra mempunyai tempat penting dan istimewa dalam membentuk kebudayaan Arab. Salah satunya adalah As-syi’ir (syair), yaitu salah satu bentuk karya sastra yang memuat keindahannya secara khusus, sehingga menjadikan bangsa Arab berbeda dengan bangsa lain, karena syair merupakan wujud perasaan dan keindahan imajinasi yang hidup di dalam hati, lalu diungkapkan dengan bahasa yang indah, dan dalam penyampaiannya memerlukan ilmu gaya bahasa salah satunya Mājaz lugawi. Tujuan dari penelitian ini adalah: Pertama, untuk mengetahui jenis-jenis Mājaz yang terkandung pada Syi’ir Maḥāl Al-Qiyām dalam Kitab Maulid Al-Ḍiyā’u Al-Lāmi’ karya Al-Habib Umar Hafizh, Kedua, untuk menganalisis makna-makna yang terkandung dalam syair tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang meliputi penelitian kepustakaan, kemudian sumber datanya adalah kitab Maulid Al-Ḍiyā’u Al-Lāmi’ karya Habib Umar bin Hafizh, kemudian pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode teknik Simak catat, dan data dianalisis dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik analisis isi. Peneliti memperoleh hasil analisis Mājaz dalam penelitian ini bahwa gaya Mājaz dalam Syi’ir Maḥāl Al-Qiyām dalam Kitab Maulid Al-Ḍiyā’u Al-Lāmi’ karya Al-Habib Umar Hafizh terdapat dari 15 contoh dari 22 bait dalam kitab maulid ini. Diantaranya Mājaz Isti’arāh Taṣrihiyyah Makniyyah, Mājaz Mursal, Mājaz Isti’arāh ashliyyah Taba’iyyah dan Mājaz Tamsiliyyah. Adapun makna Mājaz mengandung do’a-do’a dan pujian yang mana tujuanya hanya kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. Kata Kunci: Mājaz, makna Mājaz dan Syi’ir Maḥāl Al-Qiyām Kitab Maulid Al-Ḍiyā’u Al-Lāmi’

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Bahasa
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2023 15:42
Last Modified: 16 Nov 2023 15:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19415

Actions (login required)

View Item View Item