BIMBINGAN ISLAMI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI 5 KOTA SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Utami, Risqi Mega (2023) BIMBINGAN ISLAMI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI 5 KOTA SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI RISQI MEGA UTAMI 2023.pdf

Download (4MB)

Abstract

Utami, Risqi Mega. 2022. Bimbingan Islami dengan Teknik Self-Management untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII di MTs Negeri 5 Kota Sragen Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Salatiga: Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Muhamad Rozikan, M. Pd. Kata Kunci : Bimbingan Islami, Self-Management, Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Tujuan penelitian ini yaitu : 1) untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan islami dengan menggunakan teknik self-management untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa di MTs Negeri 5 Kota Sragen. 2) untuk mengetahui dan menjelaskan hasil akhir bimbingan islami dengan menggunakan tekhnik self- management untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa di MTs Negeri 5 Kota Sragen. Jenis penelitian ini menggunakan teknik penelitian kuantitatif dengan desain pre-eksperiment one grup pre-test-posttest. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 5 Kota Sragen yang berjumlah 32 dan sampel yang digunakan adalah 16 orang yang mempunyai kemandirian belajar rendah dan sedang. Hasil 1) Pelaksanaan bimbingan kelompok ini ada beberapa tahapan seperti pembentukan untuk saling mengenal, tahap peralihan untuk mengalihkan kegiatan awal ke kegiatan lanjutan agar terarah, tahap inti yaitu membahas topik dan yang terakhir tahap pengakhiran atau penutup. Didalam kegiatan pemimpin kelompok menggunakan teknik self-management yaitu dengan cara memberikan self recording tahap observasi diri, peserta didik mencatat dirinya sendiri setelah itu self evaluation yaitu mengevaluasi kemudian yang terakhir self reinforcement pemberian penguatan pada kepada peserta didik. 2) Pelaksanaan bimbingan kelompok dari penelitian ini menunjukan bahwa sebelum diberikan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik self-management peserta didik diperoleh rata-rata 45,8 yang masuk kategori sedang. Setelah diberikan berikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik self-management memperoleh rata-rata 76 yang masuk dalam kategori tinggi. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan diperoleh nilai signifikan (2-Tailed) yakini 0,000 < 0,05 dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima dengan nilai t -24,3

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2023 16:49
Last Modified: 16 Nov 2023 16:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19420

Actions (login required)

View Item View Item