KONVERSI PETANI PADI MENJADI TEMBAKAU DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA MARGOHAYU KECAMATAN KARANGAWEN KABUPATEN DEMAK

ngubaidillah, Ahmad nafis (2023) KONVERSI PETANI PADI MENJADI TEMBAKAU DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA MARGOHAYU KECAMATAN KARANGAWEN KABUPATEN DEMAK. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI NAFIS ALHAMDULILLAH SELESAIIII FIKS (3).pdf

Download (3MB)

Abstract

Ngubaidillah, Ahmad Nafis. 2023. Konversi Petani Padi menjadi Tembakau dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Margohayu Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak. Skripsi. Salatiga: Progam Studi Pengembangan Masyarakat Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Sutrisno, M. Pd. I. Kata Kunci: Konversi Lahan, Petani padi, Kesejahteraan Masyarakat. Penelitian ini membahas dan mendeskripsikan tentang konversi petani padi menjadi tembakau dalam meningkatkan kesejahteraan di Desa Margohayu Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak. Ada tiga pembahasan yang mendeskripsikan terkait penelitian penulis, yang pertama bagaimana proses konversi menanam padi menjadi tembakau petani di Desa Margohayu Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak. Kemudian yang kedua adalah bagaimana kesejahteraan petani setelah menanam tembakau di Desa Margohayu Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak. Dan terakhir yang ketiga yaitu apa faktor pendukung dan penghambat dalam konversi dari padi menjadi tembakau petani di Desa Margohayu Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak. Metode penelitian yang dipakai oleh peneliti dalam meneliti tentang konversi petani padi menjadi tembakau dalam meningkatkan kesejahteraan di Desa Margohayu Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang bersifat field research (lapangan). Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah teknik analisa reduksi data, triangualasi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpilkan bahwa proses konversi menanam padi menjadi tembakau yang dilakukan masyarakat desa margohayu yaitu dengan dua tahapan, yaitu tahap persiapan dan tahapan pelaksanaan. Kemudian kesejahteraan petani setelah menanam tembakau di Desa Margohayu dinilai memberikan sumbangan ke ekonomi rumah tangga mereka sendiri, yang mengakibatkan perputaran roda ekonomi masyarakat Desa Margohayu Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak. Dan yang terakhir faktor konversi lahan Padi menjadi Tembakau di Desa Margohayu Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak dipengaruhi oleh musim, karena pada musim kemarau tanaman padi tidak mampu bertahan dengan minimnya curah air, pada akhirnya petani memilih untuk menanam tembakau daripada tanaman yang lain seperti jagung dan kacang hijau. Hal ini disebabkan karena tembakau mampu bertahan dengan kondisi air yang minim, selain itu harga jual tembakau lebih menjanjikan daripada komoditas lainya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2023 17:07
Last Modified: 16 Nov 2023 17:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19422

Actions (login required)

View Item View Item