PRAKTIK JUAL BELI BARTER BATU BATA DENGAN KAYU BAKAR TINJAUAN FIQIH MUAMALAH (Studi Kasus Dukuh Soko, Desa Brangkal, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten )

Khasanah, Ade Efa Nur (2023) PRAKTIK JUAL BELI BARTER BATU BATA DENGAN KAYU BAKAR TINJAUAN FIQIH MUAMALAH (Studi Kasus Dukuh Soko, Desa Brangkal, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten ). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI (ADE EVA).pdf

Download (1MB)

Abstract

Ade Eva Nur Khasanah, 2023, Praktik Jual Beli Barter Batu Bata Dengan Kayu Bakar Tinjauan Fiqih Muamalah (Studi Kasus Dukuh Soko, Desa Brangkal, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten), Skripsi, Progam Studi Hukum Ekonomi Syari’ah, Fakultas Syari’ah, Universitas Islam Negeri Salatiga, Pembimbing: M. Taufiq Zam Zami, M.A. Kata Kunci: Jual Beli Barter dan Fiqih Muamalah Jual beli barter hanya menjadikan harga sebagai dasar penyesuaian tentang harga barang yang dipertukarkan. Para pelaku barter melakukan jual beli barter tersebut karena saling membutuhkan. Transaksi barter yang dilakukan tidak hanya menggunakan kayu bakar saja, namun juga menggunkan tambahan uang atau tidak murni barter. Penilitian lapangan (Library Researc) yang bersifat deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi di lokasi penelitian. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu diperoleh dari gambaran yang baik, jelek dan dapat memberikan data seteliti mungkin mengenai objek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan transaksi jual beli batu bata dengan kayu bakar belum sepenuhnya memenuhi rukun dan syarat jual beli barter. Barter batu bata dengan kayu bakar di Dukuh Soko, Desa Brangkal, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten, sudah menjadi kebiasaa setempat dan juga bukan merupakan gharar yang banyak, karena kualitas gharar yang ringan sehingga termasuk ‘urf (tradisi yang berlaku).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2023 18:55
Last Modified: 16 Nov 2023 18:55
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19429

Actions (login required)

View Item View Item