PENGARUH PENGETAHUAN DAN PENDAPATAN TERHADAP MINAT MENABUNG PADA PERBANKAN SYARIAH DENGAN FINANCIAL LITERACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA GENERASI Z KABUPATEN SEMARANG)

ristyawati, nur hamidah dyah (2023) PENGARUH PENGETAHUAN DAN PENDAPATAN TERHADAP MINAT MENABUNG PADA PERBANKAN SYARIAH DENGAN FINANCIAL LITERACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA GENERASI Z KABUPATEN SEMARANG). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI NUR HAMIDAH DYAH RISTYAWATI_compressed.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI NUR HAMIDAH DYAH RISTYAWATI_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dan pendapatan terhadap minat menabung pada perbankan syariah dengan financial literacy sebagai variabel intervening (Studi pada Generasi Z Kabupaten Semarang). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada Generasi Z Kabupaten Semarang. Sampel penelitian sebanyak 399 responden dengan teknik probability sampling. Analisis ini meliputi uji reliabilitas, uji validitas, uji asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas), uji statistik (uji T (parsial), uji F (simultan) dan uji koefisien determinasi (R²). Dalam penelitian ini menggunakan analisis path untuk menguji variabel intervening. Berdasarkan uji penelitian yang menemukan hasil: pengetahuan dan pendapatan berpengaruh positif signifikan terhadap minat menabung pada perbankan syariah, sedangkan pendapatan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap financial literacy. Financial literacy dapat memediasi secara positif dan signifikan pengaruh pengetahuan dan pendapatan terhadap minat menabung pada perbankan syariah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2023 19:52
Last Modified: 16 Nov 2023 19:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19434

Actions (login required)

View Item View Item