KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA KONSEP TRIGONOMETRI SISWA KELAS X SMK DIPONEGORO SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Khasanah, Uswatun (2023) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA KONSEP TRIGONOMETRI SISWA KELAS X SMK DIPONEGORO SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Uswatun Khasanah 23070160060.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Uswatun Khasanah 23070160060.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Uswatun Khasanah 23070160060.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Uswatun Khasanah 23070160060.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Uswatun Khasanah 23070160060.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Uswatun Khasanah 23070160060.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Uswatun Khasanah 23070160060.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Uswatun Khasanah 23070160060.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Uswatun Khasanah 23070160060.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Uswatun Khasanah 23070160060.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Uswatun Khasanah 23070160060.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Uswatun Khasanah 23070160060.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Uswatun Khasanah 23070160060.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Uswatun Khasanah 23070160060.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Uswatun Khasanah 23070160060.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Uswatun Khasanah 23070160060.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Uswatun Khasanah 23070160060.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Uswatun Khasanah 23070160060.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Uswatun Khasanah 23070160060.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Uswatun Khasanah 23070160060.pdf

Download (3MB)

Abstract

Khasanah, Uswatun. 2023. Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Konsep Trigonometri Siswa Kelas X SMK Diponegoro Salatiga Tahun Pembelajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Eni Titikusumawati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah; Matematika Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X di SMK Diponegoro Salatiga pada konsep trigonometri selama tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif yang mengadopsi pendekatan kualitatif untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua sumber, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer merupakan hasil belajar siswa kelas X Pemasaran SMK Diponegoro Salatiga, sedangkan sumber data sekunder berupa foto-foto pembelajaran. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi, tes kemampuan pemecahan masalah, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa dapat dibagi menjadi tiga kategori, yaitu kemampuan pemecahan masalah sangat tinggi, cukup, dan sangat rendah. Pada tahap pemahaman masalah, siswa dengan kemampuan sangat tinggi dan cukup memiliki kemampuan yang baik dalam memahami masalah secara mendalam. Namun, siswa dengan kemampuan pemecahan masalah sangat rendah hanya mampu menuliskan apa yang diketahui dari soal yang diberikan. Terdapat kesalahan yang sering terjadi pada siswa dalam merencanakan strategi pemecahan masalah dan melaksanakan perhitungan. Selanjutnya, pada tahap pemeriksaan kembali, siswa juga masih sering melakukan kesalahan dan rata-rata tidak melakukan pemeriksaan ulang. Hal ini dapat dilihat dari hasil presentase indikator kemampuan pemecahan masalah, di mana 71,2% siswa telah memenuhi indikator memahami masalah, 70,4% siswa telah memenuhi indikator merencanakan penyelesaian, 67,2% siswa telah memenuhi indikator melaksanakan rencana penyelesaian, dan hanya 20% siswa yang memenuhi indikator memeriksa kembali penyelesaian. Oleh karena itu, terdapat dua indikator yang belum mencapai standar KKM 70%, yaitu indikator melaksanakan penyelesaian dan indikator memeriksa kembali penyelesaian. Berdasarkan hasil jawaban siswa, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X di SMK Diponegoro Salatiga tergolong cukup, meskipun masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam indikator melaksanakan penyelesaian dan indikator memeriksa kembali penyelesaian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2023 20:26
Last Modified: 16 Nov 2023 20:26
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19436

Actions (login required)

View Item View Item