PENGEMBANGAN MEDIA PERUBAHAN BENTUK ENERGI (RUBINER) TERINTEGRASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENS

MUDRIKAH, DEWI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PERUBAHAN BENTUK ENERGI (RUBINER) TERINTEGRASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENS. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Tesis Full.dox.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Tesis Full.dox.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dewi Mudrikah. 2023. Pengembangan Media Perubahan Bentuk Energi (Rubiner) Terintegrasi dengan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournamens. Tesis. Program Pascasarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Peni Susapti, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis IT menggunakan media perubahan bentuk energi (Rubiner) terintegrasi dengan model pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournamens. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan subjek penelitiannya adalah siswa MI Ma’arif Pulutan Salatiga. Instrumen pengumpulan data menggunakan pengamatan, wawancara, dan tes. Proses pengembangan media pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, and Evaluation). Produk dikembangkan sesuai dengan analisis kebutuhan kemudian diuji kelayakannya serta direvisi hingga layak untuk diimplemantasikan dalam pembelajaran. Hasil media di validasi dari ahli media mendapatkan jumlah persentase rata-rata sebanyak 93,7% atau skor 3,75, dan ahli materi sebanyak 88,3% atau skor 3,5. Pengembangan media perubahan bentuk energi (rubiner) terintegrasi dengan model pembelajaran kooperatif teams games tournamens di MI Ma’arif Pulutan artinya media Rubiner efektif meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga layak untuk digunakan. Efektifitas media perubahan bentuk energi (Rubiner) terintegrasi dengan model pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournamens ditunjukkan dari hasil perhitungan t test terhadap nilai pretest dan posttest siswa. Hasil Paired Samples Statistics menunjukkan nilai t hitung sebesar 0.000 < 0.05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Ada perbedaan yang signifikan antara data pretest dan posttest, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis IT menggunakan media perubahan bentuk energi (Rubiner) terintegrasi dengan model pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournamens efektif bagi peningkatan hasil belajar siswa kelas IV MI Ma’arif Pulutan. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Rubiner, Kooperatif Teams Games Tournamens, R&D

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2023 20:35
Last Modified: 16 Nov 2023 20:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19438

Actions (login required)

View Item View Item