PERLINDUNGAN HUKUM PEKERJA DI BAWAH UMUR DALAM PERSPEKTIF UU NO 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN DAN MAQASHID AL-SYARI’AH (Studi Kasus di CV Java Venture Tanjungharjo Kabupaten Grobogan)

Hara, Alifika Julia Putri (2023) PERLINDUNGAN HUKUM PEKERJA DI BAWAH UMUR DALAM PERSPEKTIF UU NO 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN DAN MAQASHID AL-SYARI’AH (Studi Kasus di CV Java Venture Tanjungharjo Kabupaten Grobogan). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI PERLINDUNGAN HUKUM ALIFIKA JPH.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI PERLINDUNGAN HUKUM ALIFIKA JPH.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI PERLINDUNGAN HUKUM ALIFIKA JPH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Di Indonesia yang dimaksud pekerja adalah setiap orang yang bekerja dengan menerima upah atau imbalan dalam bentuk lain. Pekerja yang dimaksud sering disebut dengan pekerja di bawah umur. Regulasi mengenai ketenagakerjaan diatur dalam UU NO 13 Tahun 2003 dimana didalamnya juga memuat aturan mengenai hak pekerja dibawah umur/ anak dalam pasal 68 sampai 75. Di Indonesia masih banyak anak yang bekerja karena berbagai macam faktor yang melatar belakanginya contohnya di CV Java Venture kabupatan Grobogan Jawa Tengah masih terdapat 5 anak yang bekerja sebagai kuli bangunan maka CV Java Venture harus memenuhi hak pekerja di bawah umur sebagaimana diatur di dalam UU NO 13 Tahun 2003 dan bagaimana pandangan Maqasyid Al-Syari’ah dalam pemenuhan hak CV Java Venture terhadap pekerja di bawah umur. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan melakukan penelitian lapangan, serta menggunakan pendekatan yuridis empiris. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data triangulasi dengan cara membandingkan hasil wawancara/observasi terhadap objek penelitian. Untuk keabsahan data digunakan teknik triangulasi dengan membandingkan data dari luar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pemenuhan hak pekerja di bawah umur yang ada di CV Java Venture pemenuhan hak perihal penggajian berdasarkan penemuan penelitian berdasarkan temuan penelitian bahwa besaran gaji sudah jelas berbeda, pekerja dewasa mendapatkan gaji Rp. 100.000/hari dan pekerja di bawah umur mendapatkan gaji Rp. 90.000/hari. (2) Pemenuhan hak pekerja di bawah umur yang ada di CV Java Venture Tanjungharjo Kabupaten Grobogan menurut UU NO 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan sudah jelas dilarang untuk mempekerjakan anak, di dalam pasal 69 ayat 2 memperbolehkan mempekerjakan anak tetapi dengan berbagai syarat. (3) Dari hasil penelitian dan juga dilihat dari hak dasar maqashid al-syari’ah ini CV Java Venture sudah memenuhi pemeliharaan agama (hifzh al-din), sudah terpenuhinya pemeliharaan jiwa (hifz al-nafs) dan sudah terpenuhinya pemeliharaan harta (hifzh al-mal) di CV Java Venture.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2023 21:37
Last Modified: 16 Nov 2023 21:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19445

Actions (login required)

View Item View Item