TERAPI TRAIT AND FACTOR MELALUI TADARUS AL-QUR’AN UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA MAN 1 KABUPATEN SEMARANG

anjani, Nimas suqma ayu (2023) TERAPI TRAIT AND FACTOR MELALUI TADARUS AL-QUR’AN UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA MAN 1 KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi fiks NIMAS SUQMA BKPI 2023.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Anjani. N. S. Ayu. 2023. Terapi Trait And Factor melalui Tadarus Al Qur’an untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa MAN 1 Kabupaten Semarang. Skripsi, Salatiga: Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negri Salatiga. Pembimbing: Dr. Lilik Sriyanti, M.Si. Kata Kunci: Layanan Konseling Kelompok, Terapi Trait and Factor, Tadarus Al Qur’an, Kecerdasan Spiritual Siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kondisi kecerdasan spiritual siswa MAN 1 Kabupaten Semarang Sebelum diberi perlakuan; (2) untuk mengetahui pelaksanaan konseling kelompok terapi trait and factor melalui tadarus Al Qur’an; (3) untuk menganalisis efektifitas layanan konseling kelompok dengan terapi trait and factor melalui tadarus Al Qur’an dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik melalui perbandingan kelas kontrol dan eksperimen. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan desain eksperimen yaitu design control group pre-test post-test. Penelitian menggunakan 69 siswa sebagai populasi dan diambil sampel 20 siswa dengan cara purposive sampling, 10 siswa masuk pada kelompok kontrol dan 10 siswa lainnya masuk kelompok eksperimen. Dilanjutkan dengan pengumpulan data yaitu menggunakan skala kecerdasan spiritual adaptasi dari penelitian Hermami (2020), analisis data kuantitatif menggunakan analisis statistika deskriptif dan uji-T . Hasil penelitian menunjukan (1) kondisi kecerdasan spiritual peserta didik XII MIPA memiliki tingkat kecerdasan spiritual yang beragam kategorinya terdapat 2,8% kategori tinggi, 33,3% kategori sedang, 52,2% kategori cukup, dan 11,6% siswa ada pada kategori kecerdasan spiritual yang rendah; (2) Tahap pelaksanaan layanan ini dilakukan 6 tahap analisis, sintesis, diagnosis, prognosis, perlakuan dan follow-up. setelah itu pelaksanaan terapi tadarus Al Qur’an dilanjutkan dengan melakukan pemahaman diri dengan teknik konseling trait and factor; (3) berdasarkan hasil perhitungan uji paired semple t test sebelum dan sesudah perlakuan dengan signifikasi (2-tailed) sebesar 0,000<0,05 dan hasil uji independent sample t test ditemukan besaran nilai thitung sebesar 14, 132 > 1, 740 dengan sinifikasi Ho ditolak dan Ha diterima, maka dari perolehan hasil uji-t tersebut dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok terapi trait and factor melalui tadarus Al Qur’an dapat dinyatakan efektif untuk meningkatkan kecerdasan spiritual siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Nov 2023 05:39
Last Modified: 17 Nov 2023 05:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19453

Actions (login required)

View Item View Item