UPAYA KEGIATAN KEAGAMAAN JAM’IYYAH RHOTTIBUL ATTHOS DALAM MENINGKATKAN UKHUWAH ISLAMIYYAH DI DUSUN BATURSARI DESA DAMARJATI KALINYAMATAN JEPARA TAHUN 2022

ROHMAN, MUHAMMAD KHOLILUR (2023) UPAYA KEGIATAN KEAGAMAAN JAM’IYYAH RHOTTIBUL ATTHOS DALAM MENINGKATKAN UKHUWAH ISLAMIYYAH DI DUSUN BATURSARI DESA DAMARJATI KALINYAMATAN JEPARA TAHUN 2022. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Muhammad Kholilur Rohman_23010160196.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rohman, Kholilul. 2023. Upaya Kegiatan Keagamaan Jam’iyyah Rhottibul Atthos dalam Meningkatkan Ukuwah Islamiyah di Dusun Batursari Desa Damarjati Kalinyamatan Jepara Tahun 2022. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Muhammad Rozikan, M.Pd. Kata Kunci: Kegiatan Keagamaan, Ukhuwah Islamiyah, Jam’iyyah Rhottibul Atthos. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya kegiatan keagamaan Jam’iyyah Rhottibul Atthos dalam meningkatkan Ukhuwah Islamiyah, kemudian apa saja yang menjadi faktor pendukung serta penghambat dalam meningkatkan nilai Ukhuwah islamiyah di Dusun Batursari Desa Damarjati Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data di lapangan melalui hasil studi kepustakaan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan yang menjadi sumber data pada penelitian ini berjumlah sebelas orang. Proses analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui reduksi data, penyajian data kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti menemukan bahwa Jam’iyyah Rhottibul Atthos telah melakukan upaya agar masyarakat yang masih kurang dalam pemahaman agama Islam serta meningkatkan nilai ukhuwah islamiyah dengan mengadakan berbagai kegiatan keagamaan seperti pengajian, takziah, tahlilan, rhottib al atthos, peringatan hari besar agama Islam, serta kegiatan sosial terhadap masyarakat. aktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan kegiatan keagamaan oleh Jami’yyah Rhottibul Atthos di Dusun Batursari Desa Damarjati Kalinnyamatan Jepara. Selanjutnya, ditemukan pula faktor yang menjadi pendukung dalam meningkatkan ukhuwah islamiyah yaitu mayoritas penduduknya beragama Islam, tersedianya tempat ibadah dalam jumlah yang memadai, toleransi masyarakat yang tinggi serta kesabaran dan keteladanan dari Jam'iyyah Rhottibul Atthos yang tetap istiqomah dalam melaksanakan kegiatan keagamaan. Namun terdapat pula faktor penghambat yang berasal dari kelompok agama yang beragam, berbagai syubhat yang tersebar di masyarakat serta sikap egoisme dari masing-masing individu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Nov 2023 19:42
Last Modified: 17 Nov 2023 19:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19469

Actions (login required)

View Item View Item