TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERUBAHAN HARGA SECARA SEPIHAK DALAM JUAL BELI TANAH (Studi Kasus di Desa Kalimaro Kecamatan Kedungjati KabupatenGrobogan)

Melati, Septi Arum (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERUBAHAN HARGA SECARA SEPIHAK DALAM JUAL BELI TANAH (Studi Kasus di Desa Kalimaro Kecamatan Kedungjati KabupatenGrobogan). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SEPTI ARUM MELATI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Hukum Islam, Jual Beli, Perubahan Harga. Sistem jual beli di Indonesia masih memprihatinkan. Dimana para pedagang melakukan strategi dagang mereka guna mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Seperti halnya di Desa Kalimaro masih terdapat kecurangan dalam melakukan jual beli tanah. Hal ini bertentangan dengan hukum Islam dan aturan jual beli. Penelitian ini berfokus pada praktek merubah harga secara sepihak di Desa Kalimaro Kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan beserta respon pembeli dan tinjauan hukum Islam terhadap jual beli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktek perubahan harga secara sepihak terhadap jual beli tanah di Desa Kalimaro Kecamatan Kedungjati, untuk mengetahui pandangan hukum Islam terhadap perubahan harga secara sepihak dalam jual beli tanah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan yuridis-sosiologis. Sumber data diperoleh dari dua sumber, yaitu sumber data primer yang diperoleh secara langsung di lapangan dan data sekunder yang diperoleh dari buku-buku maupun sumber lain yang menjadi pendukung penelitian ini. Sedangkan metode pengumpulan data diperoleh dari wawancara dan observasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pelaksanaan perubahan harga secara sepihak yang terjadi di Desa Kalimaro Kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan ini adalah kasus merubah harga jual tanah secara sepihak. Bahwa praktek jual beli dengan perubahan harga secara sepihak tidak sesuai dengan Hukum Islam. Menurut Hukum Islam perubahan harga secara sepihak yang dilakukan oleh penjual tidak sesuai dengan syari’at Islam dan tidak sah karena melanggar aturan dalam hukum Islam yakni melakukan spekulasi harga oleh penjual karena mempermainkan harga disebabkan dalam menjual tanah terdapat unsur merugikan pihak lain. Bertentangan dengan aturan jual beli dalam Islam dan Islam dengan tegas melarang hal-hal yang berkenaan dengan spekulasi harga yang larangan tersebut terdapat dalam Al-Qur’an surat An-Nisa ayat 29.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Nov 2023 20:26
Last Modified: 17 Nov 2023 20:26
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19474

Actions (login required)

View Item View Item