PEMENUHAN KEWAJIBAN SUAMI ISTERI KELUARGA ANGGOTA TNI PADA SAAT DINAS LUAR PERSPERKTIF HUKUM ISLAM (Studi kasus di Kodim 0714 Salatiga)

aulia, Mamnunatul indar (2023) PEMENUHAN KEWAJIBAN SUAMI ISTERI KELUARGA ANGGOTA TNI PADA SAAT DINAS LUAR PERSPERKTIF HUKUM ISLAM (Studi kasus di Kodim 0714 Salatiga). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
MAMNUNATUL INDAR AULIA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
MAMNUNATUL INDAR AULIA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
MAMNUNATUL INDAR AULIA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
MAMNUNATUL INDAR AULIA.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Aulia, Mamnunatul Indar, “Pemenuhan Kewajiban Suami Isteri Keluarga Anggota TNI Pada Saat Dinas Luar Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus di Kodim 0714 Salatiga. Skripsi. Fakultas Syariah, Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Ilyya Muhsin, S.HI.,M.Si Kata Kunci: Kewajiban Suami Isteri, Dinas luar, Hukum Islam. Sepasang suami isteri memiliki hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan. Namun anggota TNI berbeda dengan masyarakat sipil. Setiap anggota TNI harus menjalankan tugas sesuai dengan fungsinya sebagai alat pertahanan nasional yaitu untuk menjaga keutuhan NKRI. Sebagai anggota TNI sering mendapatkan tugas dinas luar kota bahkan luar negeri, ketika anggota TNI menjalankan tugas dinas luar ini maka hubungan suami isteri akan dikorbankan dan akan menjalani hubungan jarak jauh. Ketika masa dinas luar ini anggota TNI sebagai sepasang suami isteri harus tetap menjalankan kewajibannya, namun bagaimana cara memenuhi kewajiban suami isteri ketika masa dinas luar ini. Sehingga penulis memandang perlu mengadakan penelitian ilmiah mengenai pemenuhan kewajiban suami isteri dari perspektif hukum Islam melalui penelitian ilmiah dalam bentuk skripsi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan yuridis empiris. Data yang diperoleh dalam penelitian ini ialah dari data lapangan (field research). Dalam penelitian ini yang diteliti ialah bagaimana pemenuhan kewajiban suami isteri pada saat dinas luar dalam perspektif hukum Islam. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Teknik wawancara dan dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunakan metode diskriptif analisis dengan pola pikir deduktif, yaitu data yang diperoleh dituangkan secara logis, sistematis, kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini ialah, 1) Pemenuhan kewajiban suami isteri anggota TNI Kodim 0714 Salatiga pada saat dinas luar ialah: Suami memberikan seluruh gajinya kepada isteri untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, Segala komunikasi dilakukan melalui telepon, Cara mengasuh anak ada yang dititipkan ke orang tua (neneknya), disekolah kan di full day school, Saat isteri dalam kesulitan meminta bantuan teman atau keluarga terdekat untuk membantu dulu, Isteri selalu menjaga diri dengan tidak menerima tamu orang asing/lawan jenis ke dalam rumah. 2) Pemenuhan kewajiban suami isteri anggota TNI Kodim 0714 Salatiga menurut hukum Islam: Apabila ditinjau dari hukum Islam maka Kewajiban Suami isteri anggota TNI Kodim 0714 Salatiga belum sepenuhnya terpenuhi, misalnya saat dinas luar suami isteri hanya bisa berkomunikasi melalui telepon. Jika isteri dalam kesulitan suami tidak bisa memberikan bantuan lahir dan batin. Isteri dituntut harus mandiri atau meminta pertolongan kepada teman atau sodara terdekat dahulu. Karena terkendala jarak maka suami tidak bisa melindungi isteri dengan sepenuhnya

Item Type: Thesis (Other)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Nov 2023 22:09
Last Modified: 17 Nov 2023 22:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19484

Actions (login required)

View Item View Item