Dinamika Emosi Negatif pada Remaja dalam Kegiatan Mengaji Kitab Mabadi’ Al-Fiqhiyah Juz 3 di Panti Asuhan Omah Berkah Grabag Magelang

Najmina, Putri Bahjah (2023) Dinamika Emosi Negatif pada Remaja dalam Kegiatan Mengaji Kitab Mabadi’ Al-Fiqhiyah Juz 3 di Panti Asuhan Omah Berkah Grabag Magelang. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Putri Bahjah Najmina_Dakwah_43040190149.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran, faktor-faktor, dan cara mengatasi hambatan dari dinamika emosi negatif pada remaja dalam kegiatan mengaji kitab Mabadi’ Al-Fiqhiyah juz 3 di Panti Asuhan Omah Berkah Grabag Magelang. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian kualitatif dengan studi fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yaitu hasil wawancara dari remaja di Panti Asuhan Omah Berkah, dan sumber sekunder yang dapat berupa foto, data maupun dokumen-dokumen dari Panti Asuhan Omah Berkah. Analisis data yang digunakan melalui tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Gambaran dinamika emosi negatif pada remaja dalam kegiatan mengaji kitab adalah adanya rasa takut, cemas, marah, tertekan, bosan, malas, frustasi, dan stres. 2. Faktor yang mempengaruhi dinamika emosi negatif pada remaja dalam kegiatan mengaji kitab yaitu faktor dari teman sebaya, faktor lingkungan, faktor psikis, faktor fisik, faktor kognitif, dan kurangnya minat dan motivasi. 3. Cara remaja mengatasi hambatan dinamika emosi negatif dalam kegiatan mengaji kitab yaitu dengan cara positif dan negatif. Cara positif yaitu mencari dukungan dari teman sebaya, mengambil jeda untuk istirahat, menulis diary, membuat schedule, dan melakukan hal yang positif. Sedangkan cara yang negatif yaitu dengan menghindari kegiatan tersebut dengan cara bolos.

Item Type: Thesis (Other)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Nov 2023 16:05
Last Modified: 18 Nov 2023 16:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19491

Actions (login required)

View Item View Item