IMPLEMENTASI PENYEMBELIHAN HALAL DI RPH KECAMATAN TUNTANG DITINJAU DARI FATWA MUI NO 12 TAHUN 2009 TENTANG STANDART SERTIFIKASI PENYEMBELIHAN HALAL

Bachtiar, Aldian Eka (2023) IMPLEMENTASI PENYEMBELIHAN HALAL DI RPH KECAMATAN TUNTANG DITINJAU DARI FATWA MUI NO 12 TAHUN 2009 TENTANG STANDART SERTIFIKASI PENYEMBELIHAN HALAL. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi aldian eka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi,RPH Candirejo, Penyembelihan Sapi Tiren, Fatwa MUI No 12 Tahun 2009. Penyembelihan di RPH Kecamatan Tuntang adalah penyembelihan hewan yang dilakukan dengan cara manual, dengan memotong tenggorokan, kerongkongan dan dua pembuluh darah di samping leher dengan pisau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik penyembelihan halal di RPH Kecamatan Tuntang tersebut dan Implementasi dari Fatwa MUI No 12 Tahun 2009 tentang sertifikasi penyembelihan halal. Penelitian lapangan dan kualiatif ini menggunakan teknik observasi dan wawancara dalam pengumpulan datanya. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan pola pikir deduktif, yaitu cara berfikir yang berpijak pada konsep serta teori-teori hukum Islam yang kemudian dikaitkan dengan fakta di lapangan tentang praktik penyembelihan hewan di RPH Kecamatan Tuntang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa praktik penyembelihan di RPH Kecamatan Tuntang menggunakan penyembelihan dengan cara manual dan kurang memenuhi rukun dan syarat penyembelihan hewan secara Syar’i dikarenakan terkadang masih ada praktik penyembelihan hewan yang baru saja mati (tiren) dan penyembelihan hewan di RPH Kecamatan Tuntang ditinjau dari fatwa MUI NO 12 Tahun 2009 masih kurang sesuai rukun dan syarat dalam sertifikasi penyembelihan halal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Nov 2023 19:54
Last Modified: 18 Nov 2023 19:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19496

Actions (login required)

View Item View Item