PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI LAPISAN BUMI SISWA KELAS VII A MTs NU UNGARAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

KHOTIMAH, HUSNUL (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI LAPISAN BUMI SISWA KELAS VII A MTs NU UNGARAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
HUSNUL KHOTIMAH 23060180063 TADRIS IPA.pdf

Download (6MB)
[img] Text
HUSNUL KHOTIMAH 23060180063 TADRIS IPA.pdf

Download (6MB)
[img] Text
HUSNUL KHOTIMAH 23060180063 TADRIS IPA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi lapisan bumi menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament pada siswa kelas VII A MTs NU Ungaran tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitan ini adalah guru mata pelajaran IPA dan siswa kelas VII A MTs NU Ungaran yang berjumlah 24 siswa dengan rincian 8 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Peneitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, aktivitas setiap siklusnya meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti adalah membandingkan pencapaian nilai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ≥ 70 dan ditandai dengan peningkatan Kriteria Ketuntasan Minimal pada setiap siklusnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Sebelum diterapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament hasil belajar IPA siswa kelas VII A masih rendah hal ini diperoleh dari data awal dengan jumlah 24 siswa, yang tuntas 8 siswa atau 33,3%, sedangkan yang tidak tuntas 16 siswa atau 66,7% dengan rata-rata 59,58. Setelah diterapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournamnet pada siklus I mengalami peningkatan yakni dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa atau 62,5%, sedangkan yang tidak tuntas 9 siswa atau 37,5% dengan rata-rata 69,58. Sementara pada siklus II terdapat sebanyak 21 siswa atau 87,5% yang tuntas KKM dan 4 siswa atau 12,5% yang tidak tuntas dari KKM dengan nilai rata-rata 81,7. Maka besar peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 12,12. Dan besar persentase peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 25%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT), dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A MTs NU Ungaran materi lapisan bumi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2023 17:09
Last Modified: 19 Nov 2023 17:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19500

Actions (login required)

View Item View Item