PERAN SERIKAT PAGUYUBAN PETAI QARYAH THAYYIBAH DALAM PENDAMPIGA REFRMA AGRARIA DAN DAMPAKYA PADA PENGUATAN HAK AGRARIA PETAI DI DESA BAWU KECAMATA KEMUSU KABUPATE BOYOLALI

CAHYANI, MAYLINA EKA (2023) PERAN SERIKAT PAGUYUBAN PETAI QARYAH THAYYIBAH DALAM PENDAMPIGA REFRMA AGRARIA DAN DAMPAKYA PADA PENGUATAN HAK AGRARIA PETAI DI DESA BAWU KECAMATA KEMUSU KABUPATE BOYOLALI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI MAYLINA EKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI MAYLINA EKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI MAYLINA EKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI MAYLINA EKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI MAYLINA EKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Cahyani, Maylina Eka. 2023. Peran Serikat Paguyuban Petani Qaryah Thayyibah Dalam Pendampingan Reforma Agraria dan Dampaknya Pada Hak Agraria Petani Di Desa Bawu Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali. Skripsi:Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah UIN Salatiga. Pembimbing: Dra. Sri Suparwi, M.A. Kata kunci: Peran; LSM; Reforma Agaraia; Hak Petani; Pendampingan Penelitian ini membahas tentang peran lembaga Swadaya masyarakat Serikat Paguyuban Petani Qaryah Tahayyibah dalam pendampingan reforma Agraria dan hak Agraria petani di Desa Bawu Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali. Peneliti mengajukan dua rumusan masalah yaitu bagaimana peran Pendampingan Serikat Paguyuban Petani Qaryah Thayyibah Dalam Penyadaran Reforma Agraria dan Bagaimana Dampak dari adanya pendampingan Serikat Paguyuban Petani Qaryah Thayyibah dalam penyadaran Refroma Agraria dan penguatan Hak Agraria Petani Di Desa Bawu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif daskriptif dengan teknis pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Perolehan data daari sumber data primer yakni wawancara dengan Ketua Serikat Wakil Ketua II Bidang Advokasi, Ketua Paguyuban Serang Jaya dan Ketua Koperasi Dewi Mursinah. Sedangkan data sekunder diperoleh dari profile SPPQT, AD/ART,laporan pendampingan dan dokumentasi kegiatan. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Peran SPPQT dengan melakukan Pendampingan Reforma Agraria melalui pengorganisasian petani dengan membentuk Paguyuban Petani dan Koperasi dengan tujuannya untuk membentuk penyadaran terhadap petani mengenai pentingnya Reforma Agraria serta membangun pengetahuan dan pemahaman masyarakat Desa Bawu mengenai penting adanya Reforma Agraria dan pemenuhan Hak Agraria mereka. (2) Dengan adanya peran dari SPPQT masyarakat terorganisir dan memahami peran serta hak mereka untuk kesejahteraan mereka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Nov 2023 03:43
Last Modified: 20 Nov 2023 03:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19501

Actions (login required)

View Item View Item