Strategi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Muslimat NU Dalam Meningkatkan Kualitas Pemasaran Perspektif Philip Kotler Di Kabupten Tegal

salma, Nabila (2023) Strategi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Muslimat NU Dalam Meningkatkan Kualitas Pemasaran Perspektif Philip Kotler Di Kabupten Tegal. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Nabila Salma “Strategi KBIH Muslimat NU Dalam Meningkatkan Kualitas Pasar Perspektif Philip Kotler Di Kabupaten Tegal”.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nabila Salma “Strategi KBIH Muslimat NU Dalam Meningkatkan Kualitas Pasar Perspektif Philip Kotler Di Kabupaten Tegal”.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nabila Salma “Strategi KBIH Muslimat NU Dalam Meningkatkan Kualitas Pasar Perspektif Philip Kotler Di Kabupaten Tegal”.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nabila Salma “Strategi KBIH Muslimat NU Dalam Meningkatkan Kualitas Pasar Perspektif Philip Kotler Di Kabupaten Tegal”.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nabila Salma “Strategi KBIH Muslimat NU Dalam Meningkatkan Kualitas Pasar Perspektif Philip Kotler Di Kabupaten Tegal”.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nabila Salma “Strategi KBIH Muslimat NU Dalam Meningkatkan Kualitas Pasar Perspektif Philip Kotler Di Kabupaten Tegal”.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salma, Nabila. 2023. Optimasi Kualitas Pasar : Analisis Strategi Kelompk Bimbingan Ibadah Hajji Muslimat NU Melalui Perspektif Pandang Philip Kotler Di Kabupaten Tegal. Skripsi. Fakultas Dakwah. Program Studi Manajemen Dakwah. Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing Ahmad Kharis, M.A Kata Kunci : Strategi, Pemasaran, Philip Kotler Setiap KBIH yang memasarkan jasa pasti mempunyai strategi tersendiri untuk mencapai tujuan yang diinginkan lembaga serta mencapai target pasar yang diinginkan. Banyak para ahli yang mempunyai teori mengenai strategi untuk memenangkan persaingan dalam pasar, salah satunya adalah Philip Kotler. Tujuan yang hendak dicapai dala penelitian ini pertama untuk mengetahui strategi peningkatan kualitas pemasaran di Kelompok Bimbingan Ibadah Hajji (KBIH) Muslimat NU. Kedua untuk mengetahui analisis SWOT Terhadap pemasaran di KBIH Muslimat NU. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer yakni hasil wawancara dengan ketua KBIH Muslimat NU dan pengurus, dan data sekunder yang di dapat berupa foto-foto dan profil KBIH Muslimat NU. Pengumpulan data dilakuakn dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun langkah-langkah dalam analisis data berdasarkan data yang diperoleh yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitan menunjukan bahwa strategi yang digunakan oleh KBIH Muslimat NU adalah dengan komunikasi lisan, dan bekerjasama dengan Instansi Pemerintahan terkait bidang Haji serta meningktan kualitas pembimbing. Strategi yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pemasaran adalah dengan tetap menjaga kualitas pelayanan. Philip Kotler merupakan ahli teori yang mempunyai strategi pemasaran dengan menganalisis produk, harga, promosi, tempat, pendatang baru. Perbandingan antara teori Philip Kotler dan KBIH Muslimat NU terdapat kesamaan dalam hal prinsip, pada praktiknya terdapat beberapa perbedaan antara lain, KBIH Muslimat NU menggunakan lima dari enam strategi Philip Kotler. Analisis SWOT pada strategi di KBIH Muslimat NU antara lain: 1) Kekuatan yaitu dengan kerjasama dengan instansi pemerintahan. 2). Kelemahan yaitu terbatasnya persediaan SDM muda. 3). Peluang yaitu pemanfaatan organisasi besar yaitu Muslimat dan Nahdlotul Ulama. 4). Ancaman yaitu semakin banyaknya KBIH yang berdiri menjadikan persaingan bisnis yang lebih ketat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Nov 2023 05:06
Last Modified: 20 Nov 2023 05:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19503

Actions (login required)

View Item View Item