IMPLEMENTASI TUGAS DAN FUNGSI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SEMARANG DALAM MEWUJUDKAN HAK PENDIDIKAN INKLUSI PERSPEKTIF PERDA NOMOR 12 TAHUN 2020 DAN MASLAHAH MURSALAH

Sadian, Umi Darujatul (2023) IMPLEMENTASI TUGAS DAN FUNGSI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SEMARANG DALAM MEWUJUDKAN HAK PENDIDIKAN INKLUSI PERSPEKTIF PERDA NOMOR 12 TAHUN 2020 DAN MASLAHAH MURSALAH. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Umi Darujatul Sadian.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci : Dinas Pendidikan, Pendidikan Inklusi, Perda Kab Semarang Nomor 12 tahun 2020, Maslahah Mursalah. Hak untuk memperoleh pendidikan adalah hak semua manusia tidak terkecuali Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Negara telah memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang- kurangnya 20 persen dari anggaran pendapatan dan belanja negara. Salah satu kebijakan baru yang ditetapkan dalam memenuhi kebutuhan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus adalah pendidikan inklusi Pendidikan inklusi hadir sebagai solusi bagi anak berkebutuhan khusus yang ingin memperoleh akses pendidikan yang setara dengan anak normal lainnya. Kabupaten Semarang menjadi salah satu wilayah di Jawa Tengah yang mulai menerapkan pendidikan inklusi. Akan tetapi data menyebutkan bahwa belum semua sekolah dibawah kewenangan Dinas Pendidikan menerima siswa disabilitas. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui bagaimana tugas dan fungsi Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang ditinjau melalui Perda No. 12 Tahun 2020 serta konsep Maslahah Mursalah. Jenis penelitian ini adalah hukum non-doktrinal dengan pendekatan yuridis empiris. Narasumber dalam penelitian ini adalah Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang yakni Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang SD, Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang SMP, Guru Pendamping Khusus SD N Sudirman Ambarawa, SD N Asinan 01, SMP N 1 Jambu, dan SMP N 1 Ambarawa. Hasil dari penelitian yang penulis temukan, diketahui bahwa Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang bertanggung jawab atas pelaksanaan pendidikan inklusi di Kabupaten Semarang. Dalam sudut pandang Peraturan Daerah Kabupaten Semarang Nomor 12 Tahun 2020 Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang belum menjalankan tugas serta fungsinya secara maksimal. Sedangkan ditinjau dari konsep Maslahah Mursalah Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang masih belum menerapkan kebijakan yang maslahat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Nov 2023 16:43
Last Modified: 21 Nov 2023 16:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19514

Actions (login required)

View Item View Item