Septiyani, Trinita (2023) KREATIVITAS GURU DALAM MENJAGA KUALITAS PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MI AL-MA’ARIF GUWO DESA GUWO KECAMATAN WONOSEGORO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
NASKAH - Trinita Septiyani (23040160135).pdf Download (2MB) |
|
Text
NASKAH - Trinita Septiyani (23040160135).pdf Download (2MB) |
|
Text
NASKAH - Trinita Septiyani (23040160135).pdf Download (2MB) |
|
Text
NASKAH - Trinita Septiyani (23040160135).pdf Download (2MB) |
|
Text
NASKAH - Trinita Septiyani (23040160135).pdf Download (2MB) |
|
Text
NASKAH - Trinita Septiyani (23040160135).pdf Download (2MB) |
|
Text
NASKAH - Trinita Septiyani (23040160135).pdf Download (2MB) |
|
Text
NASKAH - Trinita Septiyani (23040160135).pdf Download (2MB) |
|
Text
NASKAH - Trinita Septiyani (23040160135).pdf Download (2MB) |
|
Text
NASKAH - Trinita Septiyani (23040160135).pdf Download (2MB) |
|
Text
NASKAH - Trinita Septiyani (23040160135).pdf Download (2MB) |
|
Text
NASKAH - Trinita Septiyani (23040160135).pdf Download (2MB) |
|
Text
NASKAH - Trinita Septiyani (23040160135).pdf Download (2MB) |
|
Text
NASKAH - Trinita Septiyani (23040160135).pdf Download (2MB) |
|
Text
NASKAH - Trinita Septiyani (23040160135).pdf Download (2MB) |
|
Text
NASKAH - Trinita Septiyani (23040160135).pdf Download (2MB) |
Abstract
Septiyani, Trinita. 2023. Kreativitas Guru dalam Menjaga Kualitas Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa di MI Al-Ma’arif Guwo Desa Guwo Kecamatan Guwo Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2022/2023. Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Hj. Lilik Sriyanti, M. Si. Kata Kunci: Kreativitas Guru; Kualitas Pembelajaran; Motivasi Belajar Penelitian ini berfokus pada kreativitas guru dalam menjaga kualitas pembelajaran dan motivasi belajar siswa di MI Al-Ma’arif Guwo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang diterapkan untuk menjaga kualitas pembelajaran dan motivasi belajar siswa. Untuk menganalisis kendala yang dihadapi oleh guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, informan dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Guru kelas II, Guru Kelas III, dan beberapa siswa MI Al-Ma’arif Guwo. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Upaya menjaga kualitas pembelajaran dan motivasi belajar siswa, guru telah memanfaatkan penggunaan LCD Proyektor, pembelajaran dilakukan didalam dan diluar kelas, menciptakan suasana belajar menyenangkan, menggunakan beberapa metode pembelajaran seperti demonstrasi dan role playing, serta permainan edukatif; (2) Motivasi belajar siswa belum stabil, guru melakukan berbagai upaya untuk mengatasi hal tersebut, seperti menciptakan suasana belajar menyenangkan, mendorong siswa aktif bertanya, mengajak siswa diskusi kelompok, menggunakan metode peer teaching, melakukan ice breaking ketika siswa mulai bosan, dan menonton film edukasi bersama; (3) Kendala yang dihadapi guru adalah terbatasnya sarana dan prasarana sekolah, problematika siswa seperti lambat belajar, motivasi belajar rendah, dan kenakalan siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 18:45 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 18:45 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19516 |
Actions (login required)
View Item |