PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI IMAN KEPADA MALAIKAT MELALUI METODE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) DAN MEDIA RODA PUTAR PADA SISWA KELAS VII A SMP IT ASSALAM BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

WACHIDAH, ULUM (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI IMAN KEPADA MALAIKAT MELALUI METODE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) DAN MEDIA RODA PUTAR PADA SISWA KELAS VII A SMP IT ASSALAM BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI ULUM WACHIDAH FIX JILID.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI ULUM WACHIDAH FIX JILID.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI ULUM WACHIDAH FIX JILID.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Wachidah, Ulum. 2023. Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Iman Kepada Malaikat melalui Metode Teams Game Tournament (TGT) dan media Roda Putar pada Siswa Kelas VII A SMP IT Assalam Bandungan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dra. Siti Asdiqoh, M. Si. Kata Kunci :Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam dan budi Pekerti, Materi Iman Kepada Malaikat, Metode Teams Game Tournament (TGT), Media Roda Putar Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi iman kepada malaikat dengan menggunakan metode Teams Game Tournament (TGT) dan media roda putar pada siswa kelas VII A SMP IT Assalam Bandungan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP IT Assalam Bandungan yang terdiri dari 20 siswa laki-laki. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Teams Game Tournament (TGT) dan media roda putar dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa kelas VII A SMP IT Assalam Bandungan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023. Hal ini terbukti dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan disetiap siklusnya. Hasil penelitian 20 siswa pada tahap pra siklus sebanyak 9 siswa yang tuntas atau sama dengan 45%. Siklus I sebanyak 13 siswa yang tuntas atau sama dengan 65%, sedangkan pada tahap siklus II siswa yag tuntas sebanyak 19 siswa atau sama dengan 95%. Jadi dapat diketahui dari tahap pra siklus ke siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat sebesar 20%, dan siklus I ke siklus II presentase ketuntasan siswa mengalami peningkatan sebesar 30%. Penelitian ini dihentikan karena telah memenuhi ketuntasan siswa secara klasikal yaitu 85% dengan ketuntasan belajar minimal (KBM) 75 dalam pencapaian hasil belajar yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Nov 2023 18:53
Last Modified: 21 Nov 2023 18:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19517

Actions (login required)

View Item View Item