KESADARAN MASYARAKAT MUSLIM DI BANJAR ADAT BATU BINTANG KECAMATAN DENPASAR BARAT KOTA DENPASAR TERHADAP HUKUM KEWARISAN ISLAM

dahlan, Muhamad (2023) KESADARAN MASYARAKAT MUSLIM DI BANJAR ADAT BATU BINTANG KECAMATAN DENPASAR BARAT KOTA DENPASAR TERHADAP HUKUM KEWARISAN ISLAM. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI MUHAMAD DAHLAN FINAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI MUHAMAD DAHLAN FINAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI MUHAMAD DAHLAN FINAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI MUHAMAD DAHLAN FINAL.pdf

Download (2MB)

Abstract

Waris akan terjadi ketika ada kematian dari pewaris dan hidupnya ahli waris. Ketentuan ini berfungsi untuk seluruh masyarakat yang beragama Islam, tidak terkecuali di Bali. Bali notabeenya pulau dengan mayoritas bergama Hindu dan menganut kuat nilai keadatan. Hal tersebut dilakukan demi menjaga kehormatan para leluhur yang telah membawa ajaran ke wilayahnya. Maka perlu ditinjau lebih jauh lagi dengan Kesadaran Hukum masyarakat muslim Bali terutama di Banjar Adat Batu Bintang Kecamatan Denpasar Barat Kota Denpasar terhadap Hukum Kewarisan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan Yuridis Empiris, menggunakan teori Kesadaran Hukum Prof Soerjono Soekanto. Lokasi penelitian ini terletak di Banjar Adat Batu Bintang Kecamatan Denpasar Barat Kota Denpasar pada tahun 2023. Pengambilan data melalui wawancara 6 keluarga Muslim terkait pengetahuan, pemahaman, sikap dan pola perilaku. Dalam pembagian harta waris pada keluarga Muslim di Banjar Adat Batu Bintang Kecamatan Denpasar Barat Kota Denpasar menggunakan warisan Islam, 3 keluarga menyerahkan pembagian warisan kepada tokoh agama untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan syariat Islam. 2 keluarga yang tidak memilih bantuan kepada tokoh agama menggunakan waris Islam dengan praktek 2:1 untuk siapapun ahli warisnya, hal ini terjadi dikarenakan keluarga melihat potensi laki-laki lebih besar dibandingkan perempuan. Sejatinya hukum waris Islam yang sesuai syariat setiap ahli waris memiliki porsi masing-masing yang sudah ditentukan dalam Al-Quran, Hadist dan Ijma. Hal yang membedakan antara hukum waris Adat Bali hanya pembagian yang tidak diperinci sebagaimana hukum waris Islam dan perempuan tidak ada hak dalam harta waris. Perihal ini menimbulkan Kesadaran hukum masyarakat muslim di Banjar Adat Batu Bintang Kecamatan Denpasar Barat Kota Denpasar terhadap hukum kewarisan Islam termasuk kedalam tingkat yang belum baik hal ini berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan beberapa indikator kesadaran hukum yaitu pengetahuan hukum, pemahaman hukum, sikap hukum dan pola perilaku hukum.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Nov 2023 05:15
Last Modified: 22 Nov 2023 05:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19519

Actions (login required)

View Item View Item