IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI ERA KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS X (STUDI KOMPARASI MAN SALATIGA DAN MAN 2 SEMARANG)

Laili, Zuhrotul (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI ERA KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS X (STUDI KOMPARASI MAN SALATIGA DAN MAN 2 SEMARANG). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Tesis_ZuhrotulLaili_12010210001_Pasca_PAI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Tesis_ZuhrotulLaili_12010210001_Pasca_PAI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Tesis_ZuhrotulLaili_12010210001_Pasca_PAI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini mempunyai beberapa tujuan, yaitu untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran dengan model problem based learning di era kurikulum merdeka di MAN Salatiga dan MAN 2 Semarang guna mengetahui persamaan dan perbedaan antara kedua madrasah tersebut. Model pembelajaran problem based learning diimplementasikan untuk memberikan suatu hal yang positif dan menyenangkan dengan mengaitkan permasalahan yang terjadi di sekitar peserta didik. Pembelajaran dengan model Problem Based Learning sesuai dengan kurikulum merdeka yang berpusat pada peserta didik bertujuan untuk memotivasi siswa berfikir kritis, berkolaborasi dan kooperatif dalam kegiatan belajar akidah akhlak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dalam tesis ini adalah melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu (reduction, display, conclusion frawing) dan keabsahan datanya dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian Implementasi model problem based learning pada mata pelajaran akidah akhlak antara MAN Salatiga dan MAN 2 Semarang. Dalam perencanaan pembelajaran antara kedua Madrasah tersebut, pendidik merencanakan pembelajaran menggunakan model problem based learning dengan menyiapkan perangkat pembelajaran serta bahan ajar yang di dalamnya memiliki krikeria yang sesuai dengan kurikulum merdeka. Pelaksanaan pembelajaran MAN Salatiga, pada tahap membimbing penyelidikan peserta didik belum nampak sedangkan MAN 2 Semarang sudah terlaksana lima tahapan dalam problem based learning. Dua madrasah tersebut dalam mengevaluasi pembelajaran menggunakan asesmen diagnostik sebelum pembelajaran, asesmen formatif selama proses pembelajaran dan asesmen sumatif setelah pembelajaran. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kurikulum Merdeka, Akidah Akhlak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Nov 2023 21:49
Last Modified: 24 Nov 2023 21:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19524

Actions (login required)

View Item View Item