ANALISIS PENGARUH FINANCIAL LITERACY, BRAND, AWARENESS DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DI BANK SYARIAH DENGAN MINAT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Syariah di Pondok Pesantren Ummahatul Mukminin)

amalia, Putri ma'rifatul (2023) ANALISIS PENGARUH FINANCIAL LITERACY, BRAND, AWARENESS DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DI BANK SYARIAH DENGAN MINAT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Syariah di Pondok Pesantren Ummahatul Mukminin). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi putri marifatul amalia_63010190069_PS(Final).pdf

Download (2MB)
[img] Text
skripsi putri marifatul amalia_63010190069_PS(Final).pdf

Download (2MB)
[img] Text
skripsi putri marifatul amalia_63010190069_PS(Final).pdf

Download (2MB)
[img] Text
skripsi putri marifatul amalia_63010190069_PS(Final).pdf

Download (2MB)

Abstract

Amalia, Putri Ma’rifatul. 2023. “Analisis Financial Literacy, Brand Awareness, dan Kepercayaan terhadap Keputusan Menabung dengan Minat sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Syariah di Pondok Pesantren Ummahatul Mukminin)”. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Perbankan Syariah, Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Saifudin, M.E. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman santri terhadap literasi keuangan karena mereka berasal dari daerah yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh financial literacy, brand awareness, kepercayaan terhadap keputusan menabung dengan minat sebagai variabel intervening. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah 325 santri Pondok Pesantren Ummahatul Mukminin, dengan menggunakan teknik purposive sampling untuk mendapatkan sampel sebanyak 77 orang, yang kemudian ditetapkan sampel menjadi 100 orang. Penelitian ini menggunakan analisis jalur dengan uji statistik menggunakan uji T, uji F, dan R2. Penelitian ini juga menggunakan uji asumsi klasik dan juga menggunakan uji instrumen penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa financial literacy, brand awareness, dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung. Selanjutnya financial literacy, brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung, kemudian variabel kepercayaan tidak berpengaruh terhadap keputusan menabung. Minat mampu untuk dapat memediasi pengaruh financial literacy terhadap keputusan menabung. Selanjutnya, Minat tidak mampu memediasi pengaruh brand awareness dan juga kepercayaan terhadap keputusan menabung. Kata Kunci: Financial Literacy, brand awareness, Kepercayaan, Keputusan Menabung, Minat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Dec 2023 02:59
Last Modified: 05 Dec 2023 02:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19531

Actions (login required)

View Item View Item