Penerapan Pendekatan Elaboratif Pembelajaran Agama Islam Dan Budaya Lokal Sebagai Upaya Menanamkan Sikap Toleransi Pada Peserta Didik SMP Negeri 07 Salatiga Tahun Akademik 2022/2023

SUBCHI, MUHAMMAD (2023) Penerapan Pendekatan Elaboratif Pembelajaran Agama Islam Dan Budaya Lokal Sebagai Upaya Menanamkan Sikap Toleransi Pada Peserta Didik SMP Negeri 07 Salatiga Tahun Akademik 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
MUHAMMAD_SUBCHI_23010160169[1].pdf

Download (1MB)
[img] Text
skripsi subchi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
skripsi subchi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam rangka menanamkan toleransi pada siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 07 Salatiga Tahun Pelajaran 2022/2023, guru menggunakan teknik elaborasi yang memasukkan budaya lokal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi implementasi, tantangan, dan manfaat dari pendekatan ini. Sumber data utama untuk penelitian kualitatif ini adalah komite sekolah, siswa, instruktur, dan kepala sekolah. Sumber data sekunder adalah buku, literatur, dan makalah. Observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data. Tiga tahapan analisis data dilakukan: reduksi data, display data, dan verifikasi data. Temuan penelitian tersebut antara lain penerapan metode mendalam yang memasukkan budaya lokal ke dalam kajian pendidikan agama Islam. Hal ini dilakukan dengan menggunakan kurikulum mandiri yang menggabungkan pengetahuan budaya dari daerah dengan menggunakan berbagai model dan media yang disesuaikan dengan karakteristik siswa. Pada pelaksanaanya kendala yang dihadapi meliputi perlunya pemahaman dalam hal kearifan lokal dengan bingkai beragama, kepedulian baik peserta didik maupun tenaga pendidik yang masih kurang peduli, pluralitas peserta didik yang beragam dengan karakter masing- masing. Tercapainya lingkungan yang nyaman dan bersahabat, adanya kerukunan hidup beragama dan kerukunan dalam mengakui perbedaan, mencegah konflik dan perpecahan, serta terwujudnya budaya saling menghargai, empati, menghargai, dan menerima pluralisme merupakan dampak baik yang dirasakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Dec 2023 16:07
Last Modified: 05 Dec 2023 16:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19533

Actions (login required)

View Item View Item