PERAN KUA TERHADAP PENETAPAN WALI HAKIM BAGI ANAK PEREMPUAN HASIL DI LUAR NIKAH (Studi Kasus di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung)

PRASETYA, KURNIA DWI (2023) PERAN KUA TERHADAP PENETAPAN WALI HAKIM BAGI ANAK PEREMPUAN HASIL DI LUAR NIKAH (Studi Kasus di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Kurnia Dwi Prasetya.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kurnia Dwi Prasetya.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Prasetya, Kurnia Dwi. 2023. Peran KUA Terhadap Penetapan Wali Hakim Bagi Anak Perempuan Hasil di Luar Nikah (Studi Kasus di Kantor Urusan Agama Kec. Temanggung Kab. Temanggung). Skripsi . Fakultas Syari’ah Prodi Hukum Keluarga Islam. Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing : M. Rifa Jamaludin Nasir, M.S.I. Kata Kunci : Proses penetapan, Wali Hakim, Peran KUA Pernikahan merupakan suatu perjanjian suci antara seorang pria dan seorang wanita dengan tujuan membentuk satu keluarga yang bahagia, tentram, damai, dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Hukum perkawinan dalam agama Islam mempunyai kedudukan yang sangat penting, karena telah diatur dan diterangkan secara jelas perihal peraturan-peraturan tentang perkawinan. Di zaman sekarang ini banyak sekali fenomena antara laki-laki dan perempuan yang berhubungan seperti layaknya suami istri yang pada akhirnya akan mengakibatkan perempuan hamil sebelum pernikahan atau hamil diluar nikah. Ataupun seseorang yang telah melangsungkan pernikahan sebelum usia pernikahan mencapai 6 bulan sudah dikaruniai seorang anak perempuan maka anak tersebut yang nantinya membuat status anak menjadi tidak jelas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan untuk memperjelas kesesuaian antara teori dan praktik dengan menggunakan data primer. Dalam hal penggalian data dan informasi yang dibutuhkan untuk penelitian, penulis melakukan wawancara kepada terwawancara. Dalam hal ini penulis menggunakan data pernikahan menggunakan wali hakimyang ada di KUA Kec. Temanggung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran KUA dalam penetapan wali hakim bagi anak perempuan hasil di luar nikah belum efektif, dibuktikan dengan data yang saya peroleh dari rentan tahun 2016-2020 masih ditemukan 5 kasus pernikahan anak di luar nikah yang menggunakan wali nasab. Sedangkan proses penetapan wali hakim bagi anak perempuan hasil di luar nikah belum sesuai dengan peraturan yang ada di Kompilasi Hukum Islam (KHI) Pasal 23, dan Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 30 Tahun 2005 Pasal 2 ayat 1 tentang wali hakim. Bahwasanya anak yang lahir di luar perkawinan hanya mempunyai hubungan keperdataan dengan ibunya dan keluarga ibunya, termasuk dalam hal perwaliannya menggunakan wali hakim ketika anak tersebut akan menikah. Namun dalam prakteknya masih ada pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh KUA.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Dec 2023 21:31
Last Modified: 06 Dec 2023 21:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19540

Actions (login required)

View Item View Item