ANALISIS TRANSAKSI GESEK TUNAI SHOPEE PAYLATER DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS SYARIAH UIN SALATIGA (Perspektif Hukum Ekonomi Syariah Dan Kesadaran Hukum)

Wahyuni, Putri (2023) ANALISIS TRANSAKSI GESEK TUNAI SHOPEE PAYLATER DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS SYARIAH UIN SALATIGA (Perspektif Hukum Ekonomi Syariah Dan Kesadaran Hukum). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Putri Wahyuni (33020190109) Hukum Ekonomi Syariah.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Gesek Tunai, Paylater, Marketplace Shopee, Hukum Ekonomi Syariah, Kesadaran Hukum Gesek tunai merupakan salah satu bentuk penyimpangan dari kartu kredit, sebab banyak nasabah kartu kredit yang tertarik dengan pencairan limit kredit untuk mendapatkan uang tunai melalui pembelian barang “fiktif” atau yang biasa disebut dengan “gesek tunai” (gestun). Melihat popularitas transaksi gesek tunai dalam dunia e-commerce semakin meningkat, mahasiswa dari Fakultas Syariah UIN Salatiga telah menjadi salah satu kelompok yang menggunakan layanan transaksi tersebut. Dari latar belakang tersebut penulis fokus meneliti tentang 1. apa yang melatarbelakangi mahasiswa untuk menggunakan transaksi gesek tunai shopee paylater? 2. Bagaimana tinjauan transaksi gesek tunai shopee paylater di kalangan mahasiswa fakultas syariah UIN Salatiga perspektif hukum ekonomi syariah? 3. Bagaimana tinjauan transaksi gesek tunai shopee paylater di kalangan mahasiswa Fakultas Syariah UIN Salatiga dalam perspektif kesadaran hukum? Penelitian lapangan digunakan pada penelitian ini melalui metode kualitatif dan menggunakan pendekatan yuridis-empiris. Metode pengumpulan informasi dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan informasi yang diperoleh langsung dari objek sebagai sumber data primer serta menggunakan sumber data sekunder yaitu dari buku, jurnal dan artikel. Selanjutnya, dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik analisis data model Milles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah beberapa faktor yang melatarbelakangi mahasiswa Fakultas Syariah UIN Salatiga dalam menggunakan transaksi gesek tunai pada aplikasi shopee paylater, diantaranya yaitu; faktor ekonomi, faktor kemudahan dalam transaksi, faktor sosial media, dan faktor gaya hidup. Hasil analisis pada transaksi gesek tunai shopee paylater yang dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Syariah UIN Salatiga khususnya pengguna gesek tunai belum sesuai dengan prinsip dalam hukum ekonomi syariah, dimana dalam mekanisme gesk tunai terdapat manipulasi objek jual beli dan tidak selaras dengan prinsip kejujuran dalam transaksi tersebut. Berdasarkan data penelitian terhadap mahasiswa Fakultas Syariah UIN Salatiga khususnya sebagai pengguna transaksi gesek tunai di platform Shopee adalah bahwa mereka memiliki kesadaran hukum yang rendah terkait dengan Peraturan Bank Indonesia No 14/2/2012 tentang penggunaan alat pembayaran menggunakan kartu (APMK).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Dec 2023 20:51
Last Modified: 07 Dec 2023 20:51
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19541

Actions (login required)

View Item View Item