Kesadaran Hukum Masyarakat Muslim Desa Krandon Lor Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Terhadap Penggunaan Riba dalam Transaksi Hutang Piutang di Koperasi

WULANDARI, FITRI (2023) Kesadaran Hukum Masyarakat Muslim Desa Krandon Lor Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Terhadap Penggunaan Riba dalam Transaksi Hutang Piutang di Koperasi. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FITRI WULANDARI 33020170156.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Fitri Wulandari. 2022. Kesadaran Hukum Masyarakat Muslim Desa Krandon Lor Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang terhadap Penggunaan Riba dalam Transaksi Hutang-Piutang di Koperasi. Skripsi. Fakultas Syari’ah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Dosen Pembimbing: M. Yusuf Khumaini, M.H. Kata Kunci: Koperasi di desa Krandon Lor merupakan jenis koperasi simpan pinjam yang tumbuh dan berkembang di lingkungan masyarakat desa Krandon Lor. Koperasi ini sangat digemari masyarakat karena kemudahan administrasinya dalam memberikan kredit. Hanya bermodalkan foto kopi KTP masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan kredit. Dibalik kemudahan dalam memberikan kredit pada masyarakat, koperasi ini mencekik masyarakat dengan mengambil keuntungan yang besar melalui pengembalian kredit. Berbagai macam koperasi simpan pinjam dengan mekanisme kredit seperti ini tumbuh menjamur di masyarakat desa Krandon Lor. Berbagai faktor menjadi alasan masyarakat desa Krandon Lor ketergantungan terhadap jasa koperasi tersebut. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa yang memengaruhi masyarakat muslim desa Krandon Lor melakukan pinjaman terhadap koperasi serta tingkat kesadaran hukum masyarakat muslim Desa Krandon Lor Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang dalam penggunaan hutang-piutang di kopersi Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat yuridis sosiologis yaitu penelitian yang mengkaji kebiasaan masyarakat desa Krandon Lor melakukan pinjaman di koperasi. Penelitian ini mengumpulkan data mengenai pengetahuan, pemahaman, sikap masyarakat desa Krandon Lor tentang riba, untuk mengetahui tingkat kesadaran hukum nasyarakat desa Krandon Lor. Penelitian ini menggunakan dua sumber data yaitu sumber data primer pertama sumber data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari objek penelitian, yaitu dari wawancara dengan nasabah koperasi dan kedua data sekunder yaitu data-data yang diperoleh dari Al- Qur’an, Hadist Buku, Undang-undang, internet dan dokumen resmi yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor yang memengaruhi ketergantungan masyarakat desa Krandon Lor terhadap penggunaan koperasi adalah: faktor ekonomi, akses dan persyaratan mudah, tanpa agunan, kredit yang diperlukan sedikit. Berdasarkan indikator-indikator kesadaran hukum menurut Soerjono Soekanto, tingkat kesadaran hukum masyarakat muslim desa Krandon Lor dikategorikan rendah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Dec 2023 02:02
Last Modified: 14 Dec 2023 02:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19542

Actions (login required)

View Item View Item