PEMBINAAN SIKAP TAWADHU DAN SIKAP DISIPLIN PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL – MANAR DESA BENER KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2022

Kholil, Muhammad Syahroni (2023) PEMBINAAN SIKAP TAWADHU DAN SIKAP DISIPLIN PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL – MANAR DESA BENER KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2022. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI FULL SIAP UJIAN 2023 (1).pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI FULL SIAP UJIAN 2023 (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kholil, Muhammad Syahroni. 2023. Pembinaan Sikap Tawadhu Dan Sikap Disiplin pada Santri di Pondok Pesantren Al-Manar Desa Bener Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Tahun 2022. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing. Dra. Siti Asdiqoh, M. Si. Kata Kunci: Pembinaan, sikap tawadhu, dan sikap disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembinaan sikap tawadhu di pondok pesantren Al-Manar, mengetahui pembinaan sikap disiplin di pondok pesantren Al-Manar, bagaimana hambatan dan solusi pembinaan sikap tawadhu di pondok pesantren Al-Manar, bagaimana hambatan dan solusi pembinaan sikap disiplin di pondok pesantren Al-Manar. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan dan bersifat diskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni pengasuh pondok , pengurus, ustadz, santri, dan sumber sekunder yang berupa foto-foto kegiatan terkait pembinaan sikap tawadhu dan sikap disiplin. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian skripsi ini adalah pertama, pembinaan sikap tawadhu pada santri di pondok pesantren Al-Manar tidak terlepas dari aktifitas pengasuh, pengurus, ustadz dalam kegiatan sehari-hari saat santri berada dipondok pesantren dengan melalui metode keteladanan, pembiasaan dan pemberian nasehat. Kedua, pembinaan sikap disiplin pada santri di pondok pesantren Al-Manar degan cara membimbing santri taat terhadap peraturan serta tertib dalam mengikuti kegiatan yang ada di pondok pesantren baik kegiatan secara tertulis maupun tidak tertulis baik dimadrasah diniyah maupun di pondok pesantren seperti kegitan sholat berjamaah. Ketiga, hambatan dan solusi pembinaan sikap tawadhu pada santri di pondok pesantren Al-Manar yaitu: adanya perbedaan karakter santri, kurangnya pengetahuan santri sedangkan solusi degan cara memberikan bimbingan dan arahan kepada santri serta bantuan dari orang tua dan endidik santri untuk menumbuhkan kesadaran dan membisakan dalam kehidupan sehari-hari. Keempat, hambatan dan solusi pembinaan sikap disiplin pada santri di pondok pesantren Al-Manar adalah kurangnya kesadaran yang melekat pada diri santri, kurangnya antusias dan disiplin santri, kurangnya kesadaran dari pengurus sedangkan solusi yaitu: memberikan pengetahuan dan pengajaran kepada santri, mendidik santri untuk lebih disiplin, memberi semangat dan motivasi dan membenahi diri untuk menjadi teladan yang lebih baik dan menjaga kekompakan pengurus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Dec 2023 21:30
Last Modified: 20 Dec 2023 21:30
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19551

Actions (login required)

View Item View Item