IMPLEMENTASI SIKAP ZUHUD DAN KERUKUNAN HIDUP BERTETANGGA MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI DESA KENTENG KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2022

CHAKIM, ACHMAD LUTFIL (2023) IMPLEMENTASI SIKAP ZUHUD DAN KERUKUNAN HIDUP BERTETANGGA MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI DESA KENTENG KECAMATAN SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2022. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ACHMAD LUTFIL CHAKIM 23010160371 (3) (2).pdf

Download (3MB)
[img] Text
ACHMAD LUTFIL CHAKIM 23010160371 (3) (2).pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Lutfil, Achmad Lutfil Chakim. 2023. Implementasi Sikap Zuhud dan Kerukunan Hidup Bertetangga Melalui Kegiatan Keagamaan di Desa Kenteng Kecamatan Susukan Kbupaten Semarangn Tahun 2022. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing. Syaefudin Achmad M. Pd. Kata Kunci: Implementasi, sikap zuhud, dan kerukunan hidup bertetangga. Kehidupan bersosial masyarakat adalah sesuatu hal yang tidak bisa kita hindari, kehidupan kita sebagai manusia dijalankan dengan dua hubungan yaitu hablum minallah dan hablum minannas. Sedangkan perkembangan teknologi saat ini semakin pesat, sehingga berdampak kehidupan sosial semakin individualistis. Maka untuk mencegah masyarakat di desa kenteng menjadi individualistis Tokoh Masyarakat kenteng mengadakan kegiatan keagamaan guna untuk menanamkan nilai-nilai sikap zuhud dan kerukunan hidup bertetangga. Didalam kegiatan keagamaan tersebut diberikan kajian dan materi tentang pentingnya sikap zuhud dan kerukunan hidup bertetangga sehingga masyarakat tahu pentingnya sikap zuhud dan rukun dengan tetangganya sehingga menjadikan masyarakat semakin rukun dan harmonis. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data dalam penelitian ini meliputi sember primer yaitu dari tokoh masyarakat dan sumber skunder yakni berupa foto-foto kegiatan terkait kegiatan keagamaan di desa kenteng. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah diadakanya pengumpulan data maka bisa disimpulkan oleh peneliti yaitu pertama penanaman nilai-nilai sikap zuhud dan kerukunan hidup bertetangga di desa kenteng melalui kegiatan-kegiatan keagamaan yang di beri kajian kitab qomih tuhyan, minhajul abidun, Al-Qur’an dan Hadis. Kedua gambaran sifat zuhud dan kerukunan hidup bertetangga di desa kenteng bisa di lihat dengan masyarakat yang sudah menjalankan Qona’ah, berakhlak baik dalam bersosialisasi, menghindari perkara subhat, tidak rakus, dan ikut berbahagia atas kesuksesan tetangga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Tassawuf dan sufisme
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Dec 2023 21:34
Last Modified: 20 Dec 2023 21:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19552

Actions (login required)

View Item View Item