PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, PENDAPATAN, DAN EXPERIENCED REGRET TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI SYARIAH MELALUI APLIKASI BIBIT DENGAN SOCIAL INFLUENCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus pada Generasi Z di Indonesia)

Nur, Salwa Zakiyah (2023) PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, PENDAPATAN, DAN EXPERIENCED REGRET TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI SYARIAH MELALUI APLIKASI BIBIT DENGAN SOCIAL INFLUENCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus pada Generasi Z di Indonesia). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI SALWA ZAKIYAH NUR.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Pendapatan, dan Experienced Regret terhadap Keputusan Investasi Syariah Melalui Aplikasi Bibit. Jenis penelitian ini adalah kuantitatid. Populasi dalam penelitian ini adalah investor Bibit di seluruh Indonesia. Dengan sampel yang didapat atau digunakan dalam penelitian ini sebanyak 400 inevstor Bibit. Penelitian ini menggunakan variabel Literasi Keuangan Syariah (X1), Pendapatan (X2), Experienced Regret (X3), Social Influence (Z), dan Keputusan Investasi (Y). Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis regresi moderasi dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi. Pendapatan dan experienced regret tidak berpengaruh terhadap keputusan investasi. Social influence mampu memoderasi pengaruh literasi keuangan syariah terhadap keputusan investasi. Socal influence tidak mampu memoderasi pengaruh antara pendapatan terhadap keputusan investasi. Dan social influence tidak mampu memoderasi pengaruh experienced regret terhadap keputusan investasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Dec 2023 18:28
Last Modified: 27 Dec 2023 18:28
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19558

Actions (login required)

View Item View Item