Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pendekatan Humanistik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Islam Sudirman 2 Tingkir Salatiga Tahun 2023

Afifah, Nur (2024) Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pendekatan Humanistik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Islam Sudirman 2 Tingkir Salatiga Tahun 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Tesis -Nur Afifah-12010210015.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Tesis -Nur Afifah-12010210015.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Tesis -Nur Afifah-12010210015.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Tesis -Nur Afifah-12010210015.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Tesis -Nur Afifah-12010210015.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Tesis -Nur Afifah-12010210015.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Tesis -Nur Afifah-12010210015.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Tesis -Nur Afifah-12010210015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nur Afifah 2023,Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pendekatan Humanistik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pasca Sarjana UIN Salatiga. Dosen Pembimbing : Dr.Mukh Nursikin, M.S.I. Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan Agama Islam Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pendekatan Humanistik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Aspek yang dianalisis dalam penelitian ini diantaranya: kebijakan implementasi kurikulum merdeka dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila dimensi beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia melalui pendekatan humanistik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Strategi implementasi kurikulum merdeka dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila dimensi beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia melalui pendekatan humanistik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam, faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum merdeka dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila. Metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif, tehnik pengumpulan data menggunakan metode observasi,wawancara, dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua, yaitu : sumber data primer dan sumber data sekunder. sedangkan proses analisis data meliputi data reduction, data display verification. Hasil penelitian ini adalah (1) Kebijakan Implementasi Kurikulum Merdeka dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila pada dimensi beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia melalui pendekatan humanistik pada pembelajaran Pendidikan agama Islam dilaksanakan selaras dengan visi misi sekolah yang tertuang dalam kurikulum operasional satuan pendidikan. (2) Strategi implementasi kurikulum merdeka dalam mewujugkan profil pelajar Pancasila dimensi beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan beraklhlak mulia di SMP Islam Sudirman 2 Tingkir Salatiga adalah melalui keteladanan,pembiasaan, dan program pendampingan, dalam bentuk program ekstrakulikuler dan project penguatan profil pelajar Pancasila (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi kurikulum merdeka dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila pada dimensi beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia. (a) Faktor Pendukung diantaranya SMP Islam Sudirman 2 Tingkir Salatiga berada di lingkungan masyarakat yang religius dan memiliki pola interaksi yang humanis yang dibangun oleh guru dan peserta didik. Efek yang bermanfaat antara lain peningkatan kualitas ibadah siswa, peningkatan moral atau akhlak siswa. (b) Faktor penghambat yaitu sekolah memiliki karakteristik sosial ekonomi orang tua yang beragam dan sebagian besar sebagai petani yang sibuk dengan pekerjaannya sehingga perhatian pada peningkatan kualitas pendidikan terhadap putra-putrinya masih kurang dan keterbatasan jumlah sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Jan 2024 19:15
Last Modified: 18 Jan 2024 19:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19585

Actions (login required)

View Item View Item