PEMBINAAN KEGIATAN KEAGAMAAN DAN SIKAP DEMOKRATIS PADA SISWA DI MA MA’ARIF BOROBUDUR MAGELANG TAHUN AJARAN 2022/2023

arju, Muhammad (2024) PEMBINAAN KEGIATAN KEAGAMAAN DAN SIKAP DEMOKRATIS PADA SISWA DI MA MA’ARIF BOROBUDUR MAGELANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Muhammad Arju 23010180073.pdf

Download (2MB)

Abstract

Arju, Muhammad. 2023. Pembinaan Kegiatan Keagamaan dan Sikap Demokratis Pada Siswa di MA Ma’arif Borobudur Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2022//2023. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Drs. Bahroni, M.Pd. ata Kunci: pembinaan kegiatan keagamaan, sikap demokrasi Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan pembinaan kegiatan keagamaan dan sikap demokratis pada siswa di MA Ma’arif Borobudur Kabupaten Magelang tahun ajaran 2022//2023, dan (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan pembinaan kegiatan keagamaan dan sikap demokratis pada siswa di MA Ma’arif Borobudur Kabupaten Magelang tahun ajaran 2022//2023. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang datanya diambil dari lapangan. Sebagai penelitian lapangan maka yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah data primer, yang merupakan sumber dari pengamatan dan wawancara. Sumber data lainnya yang diperoleh dari sumber data sekunder berasal dari wawancara, observasi, dan dokumentasi di di MA Ma’arif Borobudur Kabupaten Magelang. Pada penelitian ini informan berjumlah 5 orang yaitu kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, wakil kepala bidang kesiswaan, dan 2 peserta didik Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, pembinaan kegiatan keagamaan dan sikap demokratis pada siswa di ma ma’arif borobudur kabupaten magelang tahun ajaran 2022//2023 lebih mengedepankan sikap tanggung jawab. Dengan adanya rasa tanggung jawab dalam hati maka peserta didik akan terlatih berperilaku disiplin. Kedua, faktor pendukung pembinaan kegiatan keagamaan yang ada di MA Ma`arif Borobudur meliputi: motivasi guru kepada murid untuk terus semangat belajar, memberikan nasihat anak untuk melakukan sholat dzuhur dan sholat dhuha, dan adanya rasa tanggung jawab pada diri peserta didik. Faktor penghambat yang ada di madrasah adalah dari didikan keluarga yang kurang demokratis, karakter Peserta didik yang berbeda-beda dan beberapa peserta didik memiliki karakter acuh tak acuh atau apatis dalam melakukan kegiatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Jan 2024 19:52
Last Modified: 18 Jan 2024 19:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19586

Actions (login required)

View Item View Item