ANALISIS PERLINDUNGAN HUKUM BAGI USAHA RENTAL MOBIL TERHADAP RESIKO PENIPUAN OLEH PENYEWA (Studi Kasus di Rental NN No Name Kampung Kemiri, Desa Salatiga, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga)

AMIN, MUHAMMAD AZKA (2024) ANALISIS PERLINDUNGAN HUKUM BAGI USAHA RENTAL MOBIL TERHADAP RESIKO PENIPUAN OLEH PENYEWA (Studi Kasus di Rental NN No Name Kampung Kemiri, Desa Salatiga, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI M Azka Amin 33020190119 HES.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI M Azka Amin 33020190119 HES.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI M Azka Amin 33020190119 HES.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Rental Mobil, Penipuan Penelitian ini dilatar belakangi oleh kelalaian pihak rental mobil terhadap penyewa sehingga menyebabkan resiko penipuan yang dilakukan oleh penyewa. dalam praktiknya berupa menghilangkan atau mengadaikan mobil rental, menggubah atau merusak bentuk mobil kemudian adanya overtime tanpa adanya kejelasan. Hal tersebut sangat memerugikan pihak penyewa karena penyewa atau konsumen menyalahgunakan hak serta tidak memenuhi kewajibanya sebagaimana penyewa maupun konsumen sebagaimana diatur dalam pasal 4 dan 5 Undang – Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Berdasarkan latar belakang demikian, penulis merumuskan permasalahan sebagai berikut: (1) Bagaimana sistem sewa menyewa atau rental di NN No Name? (2) Bagaimana penyelesaian sengketa serta perlindungan hukum bagi pelaku usaha rental mobil terhadap resiko penipuan oleh penyewa di NN No Name Rental Motor dan Mobil Kampung Kemiri, Desa Salatiga, Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif kemudian jenis penelitian adalah penelitian lapangan (Field research) dan menggunakan pendekatan yuridis empiris. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan metode analisis deduktif. Dengan sumber sekundernya menggunakan KUHPerdata, Ijarah, dan UU No. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Hasil penelitian ini adalah: (1) Praktik Sewa menyewa atau Rental yang dilakukan oleh NN No Name sudah sesuai dengan ketentuan hukum positif sebagaimana diatur dalam KUHPerdata dan hukum islam. Namun sebagai pelaku usaha harus tetap konsisten dengan prosedur yang telah dibuat pengelola rental serta lebih memperhatikan keamanan, pelayanan dan service sebagaimana menjadi pelaku usaha agar meminimalisir resiko penipuan oleh penyewa. (2) Perlindungan hukum bagi usaha rental mengacu pada ketentuan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, di dalamnya mengatur Hak serta Kewajiban bagi kedua pihak dan Perlindungan hukum selanjutnya sesuai dengan substansi perjanjian rental tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Jan 2024 19:51
Last Modified: 30 Jan 2024 19:51
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19608

Actions (login required)

View Item View Item