PENGARUH SOCIAL SUPPORT DAN ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP KECEMASAN MASA DEPAN PADA REMAJA AWAL YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN AMANAH AMBARAWA

Meliyah, Rahma (2024) PENGARUH SOCIAL SUPPORT DAN ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP KECEMASAN MASA DEPAN PADA REMAJA AWAL YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN AMANAH AMBARAWA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Rahma Meliyah Skripsi.pdf

Download (927kB)
[img] Text
Rahma Meliyah Skripsi.pdf

Download (927kB)
[img] Text
Rahma Meliyah Skripsi.pdf

Download (927kB)
[img] Text
Rahma Meliyah Skripsi.pdf

Download (927kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Apakah terdapat pengaruh social support terhadap kecemasan masa depan pada remaja awal yang tinggal di panti asuhan amanah Ambarawa, (2) Apakah terdapat pengaruh adversity quotient terhadap kecemasan masa depan pada remaja awal yang tinggal di panti asuhan amanah Ambarawa, (3) Apakah terdapat pengaruh social support dan adversity quotient secara bersama-sama terhadap kecemasan masa depan pada remaja awal yang tinggal di panti asuhan amanah Ambarawa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah remaja awal yang tinggal di panti asuhan amanah berjumlah 50 remaja awal dengan sampel sebanyak 50 remaja awal. Pengumpulan data menggunakan Skala social support, Skala adversity quotient, dan skala Kecemasan Masa Depan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh social support terhadap tingkat kecemasan masa depan pada remaja awal yang tinggal di panti asuhan amanah Ambarawa dengan nilai t hitung -2,833 > t tabel 2,011 dan nilai signifkansi 0,007 < 0,05; (2) Terdapat pengaruh adversity quotient terhadap kecemasan masa depan pada remaja awal yang tinggal di panti asuhan amanah Ambarawa dengan nilai t hitung -2,709 > t tabel 2,011 dan nilai signifikansi 0,009 < 0,05; (3) Terdapat pengaruh antara social support dan adversity quotient secara simultan (bersama-sama) terhadap kecemasan masa depan pada remaja awal yang tinggal di panti asuhan amanah Ambarawa dengan nilai F hitung 4,122 > F tabel 3,20 dan nilai signifikansi 0,022 < 0,05. Variabel social support dan adversity quotient secara simultan mempengaruhi kecemasan masa depan sebesar 11,3%, diketahui dari hasil Adjusted R Square sebesar 0,113. Masing-masing variabel independen memiliki persentase pengaruh yang berbeda terhadap variabel dependen. Diketahui nilai Adjusted R Square dari social support sebesar 0,125 yang artinya variabel social support berpengaruh 12,5% terhadap variabel kecemasan masa depan. Sedangkan variabel adversity quotient memiliki nilai Adjusted R square sebesar 0,115 atau terdapat 11,5% pengaruh variabel adversity quotient terhadap kecemasan masa depan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Feb 2024 08:20
Last Modified: 21 Feb 2024 08:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19616

Actions (login required)

View Item View Item