PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), DANA PIHAK KETIGA (DPK), RETURN ON ASSET (ROA), DAN FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR) TERHADAP PEMBIAYAAN MURABAHAH DENGAN NON PERFORMING FINANCING (NPF) SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah Periode 2018-2022)

ZAENUDIN, ALWI (2024) PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), DANA PIHAK KETIGA (DPK), RETURN ON ASSET (ROA), DAN FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR) TERHADAP PEMBIAYAAN MURABAHAH DENGAN NON PERFORMING FINANCING (NPF) SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah Periode 2018-2022). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
File Skripsi_Alwi Zaenudin_UIN (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
File Skripsi_Alwi Zaenudin_UIN (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
File Skripsi_Alwi Zaenudin_UIN (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
File Skripsi_Alwi Zaenudin_UIN (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Dana Pihak Ketiga (DPK), Return On Asset (ROA), Dan Financing To Deposit Ratio (FDR) Terhadap Pembiayaan Murabahah Dengan Non Performing Financing (NPF) Sebagai Variabel Moderating. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan menggunakan Teknik purposive sampling dengan menetapkan beberapa kriteria sehingga terdapat 50 observasi, 10 Bank Umum Syariah yang menjadi sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berupa data panel pada Bank Umum Syariah periode 2018-2022. Populasi data pada penelitian ini adalah Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2016-2022. Pengolahan data menggunakan Eviews 10. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Variabel Capital Adequacy Ratio tidak berpengaruh dan bernilai negatif terhadap pembiayaan murabahah. Variabel Dana Pihak Ketiga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pembiayaan murabahah. Variabel Return On Asset berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pembiayaan murabahah. Variabel Financing To Deposit Ratio tidak berpengaruh dan bernilai negatif terhadap pembiayaan murabahah. Variabel Non Performing Financing tidak mampu memoderasi pengaruh Capital Adecuacy Ratio terhadap pembiayaan murabahah. Variabel Non Performing Financing mampu memoderasi pengaruh Dana Pihak Ketiga terhadap pembiayaan murabahah. Variabel Non Performing Financing mampu memoderasi pengaruh Return On Asset terhadap pembiayaan murabahah. Variabel Non Performing Financing tidak mampu memoderasi pengaruh Financing To Deposit Ratio terhadap pembiayaan murabahah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Feb 2024 20:17
Last Modified: 23 Feb 2024 20:17
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19620

Actions (login required)

View Item View Item