ANALISIS DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI DALAM MENARIK MINAT CALON JAMAAH UMROH KBIHU WALI WISATA MABRUR, TUNTANG, KABUPATEN SEMARANG

YUNITA, WILMA INDAH MAYA TRI (2024) ANALISIS DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI DALAM MENARIK MINAT CALON JAMAAH UMROH KBIHU WALI WISATA MABRUR, TUNTANG, KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI WILMA INDAH MTY 2024.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI WILMA INDAH MTY 2024.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI WILMA INDAH MTY 2024.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI WILMA INDAH MTY 2024.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi digital marketing yang diterapkan oleh KBIHU Wali Wisata Mabrur di Tuntang, Kabupaten Semarang, dalam upaya menarik minat calon jama'ah Umroh. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan penelitian lapangan (field research). Sumber data melibatkan wawancara dengan kepala kantor KBIHU Wali Wisata Mabrur, pegawai, dan jama'ah umroh, serta observasi media sosial, dokumentasi kegiatan umroh, dan arsip-arsip kantor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan digital marketing secara signifikan berdampak pada peningkatan keinginan masyarakat muslim untuk melaksanakan ibadah umroh, terutama setelah periode pandemi COVID-19 yang berlangsung sejak awal tahun 2020 hingga 2022. Keberlanjutan optimalisasi digital marketing ini terlihat mencapai tahun 2023. Temuan ini memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana strategi digital marketing khususnya dengan menggunakan media sosial berupa Facebook, Instagram, TikTok dan WhatsApp dapat menjadi faktor krusial dalam meningkatkan daya tarik dan partisipasi calon jama'ah, utamanya dalam konteks industri perjalanan umroh di tengah perubahan tren dan kondisi global. Implikasi temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan strategi pemasaran yang lebih efektif dan responsif terhadap dinamika pasar saat ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Feb 2024 15:07
Last Modified: 27 Feb 2024 15:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19624

Actions (login required)

View Item View Item