EFEKTIFITAS INTEGRASI STRATEGI MULTI-MATOBE DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENUMBUHKAN HABITS OF MIND PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI INDONESIA-MALAYSIA

Ag., Prof.Dr. Zakiyuddin, M. (2024) EFEKTIFITAS INTEGRASI STRATEGI MULTI-MATOBE DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENUMBUHKAN HABITS OF MIND PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI INDONESIA-MALAYSIA.

[img] Text
22. 2023 PROF ZAKKY.pdf

Download (800kB)
[img] Text
22. 2023 PROF ZAKKY.pdf

Download (800kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model pembelajaran integrasi strategi multi-matobe yang valid yang dapat memberdayakan habits of mind. Tahap pengembangan merujuk pada Plomb, komponen model pembelajaran oleh Joyce & Weil dan kriteria kualitas produk oleh Nieven. Uji kevalidan dilakukan oleh 3 (tiga) orang validator ahli yang kompeten di bidangnya. Validitas tes dan rubrik keterampilan berpikir kreatif diuji oleh dua orang pakar dengan hasil penilaian menyatakan bahwa tes dan rubrik keterampilan habits of mind dalam kategori valid dan layak digunakan dalam pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) produk model pembelajaran integrasi strategi multi-matobe dikembangkan berdasarkan sintaks model pembelajaran Integrasi Strategi Multi-Matobe untuk meningkatkan habits of mind siswa sekolah dasar dengan aspek: fluency, flexibility, originality dan elaboration. Produk model pembelajaran dinyatakan valid oleh penilai pakar, (2) kevalidan produk model pembelajaan habits of mind dinilai berkualifikasi sangat baik oleh penilai ahli materi. Kevalidan produk model pembelajaran habits of mind ditunjukkan oleh kevalidan aspek:(1) isi, (2) tampilan, (3) bahasa dan (4) kekonsistenan.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Mar 2024 15:43
Last Modified: 01 Mar 2024 15:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19634

Actions (login required)

View Item View Item