PENGARUH KEBERMAKNAAN HIDUP DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KESIAPAN MENGHADAPI MASA PENSIUN PADA KARYAWAN PT. KOMATSU UNDERCARRIAGE INDONESIA KABUPATEN BEKASI

LISTIYANTONO, NADILA ISMA (2024) PENGARUH KEBERMAKNAAN HIDUP DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KESIAPAN MENGHADAPI MASA PENSIUN PADA KARYAWAN PT. KOMATSU UNDERCARRIAGE INDONESIA KABUPATEN BEKASI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
NADILA ISMA LISTIYANTONO NIM. 43040190174.pdf

Download (3MB)
[img] Text
NADILA ISMA LISTIYANTONO NIM. 43040190174.pdf

Download (3MB)

Abstract

Listiyantono, Nadila, Isma. 2023. Pengaruh Kebermaknaan Hidup dan Religiusitas Terhadap Kesiapan Menghadapi Masa Pensiun Karyawan PT. Komatsu Undercarriage Indonesia Kabupaten Bekasi. Tahun 2023. Skripsi, Salatiga: Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Agus Hermawan, M.A Kata Kunci : Kebermaknaan Hidup, Religiusitas, Kesiapan Menghadapi Masa Pensiun. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui tingkat kebermaknaan hidup dan religiusitas terhadap kesiapan menghadapi masa pensiun karyawan PT. Komatsu Undercarriage Indonesia Kabupaten Bekasi; (2) Untuk mengetahui tingkat religiusitas terhadap kesiapan menghadapi masa pensiun pada karyawan di PT. Komatsu Undercarriage Indonesia Kabupaten Bekasi; dan (3) Untuk mengetahui pengaruh kebermaknaan hidup dan religiusitas terhadap kesiapan menghadapi masa pensiun pada karyawan di PT. Komatsu Undercarriage Indonesia Kabupaten Bekasi. Penelitian ini merupakan penelitan lapangan (field research) dengan metode kuantitatif dan jenis penelitian kausalitas. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 50 orang. Karakteristik subjek dalam penelitian ini adalah karyawan yang bekerja di PT. Komatsu Undercarriage Indonesia Kabupaten Bekasi yang berusia 50-54 tahun. Sampel menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dengan skala kebermaknaan hidup, skala religiusitas, dan skala kesiapan menghadapi masa pensiun. Penelitin ini menggunakan teknik analisis regresi liner berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh kebermaknaan hidup terhadap kesiapan menghadapi pensiun pada karyawan PT Komatsu Undercarriage Indonesia Kabupaten Bekasi dengan hasil pengaruh X1 terhadap y adalah sebesar 0.041 < 0,05. Diketahui thitung 2.100 > ttabel 2.011, maka Ha diterima; (2) Terdapat pengaruh religiusitas terhadap kesiapan menghadapi pensiun pada karyawan PT Komatsu Undercarriage Indonesia Kabupaten Bekasi dengan hasil pengaruh X2 terhadap y adalah sebesar 0.000 < 0,05. Diketahui thitung 3.975 > ttabel 2.011, maka Ha diterima; dan (3) Terdapat pengaruh kebermaknaan hidup dan religiusitas terhadap kesiapan menghadapi masa pensiun pada karyawan PT. Komatsu Undercarriage Indonesia Kabupaten Bekasi. Pengolahan uji hipotesis nilai signifikansi untuk pengaruh X1 dan X2 secara simultan terhadap Y sebesar 0.000 < 0,05. Fhitung > Ftabel (20.151 > 3.191) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Perhitungan tersebut menyatakan bahwa variabel kebermaknaan hidup (X1) dan religiusitas (X2) sama-sama berpengaruh positif dan signifikan. nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0.462. Hal ini berarti 46.2% kesiapan menghadapi masa pensiun dapat dijelaskan oleh variabel kebermaknaan hidup dan religiusitas. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. 

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Mar 2024 16:25
Last Modified: 04 Mar 2024 16:25
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19638

Actions (login required)

View Item View Item