ANALISA HUKUM ISLAM DAN RUU KETAHANAN KELUARGA TERHADAP UPAYA KETAHANAN KELUARGA BEDA AGAMA (Di Kelurahan Karangjati Kecamatan Bergas)

Maftukha, Luluk (2024) ANALISA HUKUM ISLAM DAN RUU KETAHANAN KELUARGA TERHADAP UPAYA KETAHANAN KELUARGA BEDA AGAMA (Di Kelurahan Karangjati Kecamatan Bergas). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
LULUK MAFTUKHA ..pdf

Download (1MB)

Abstract

Keluarga beda agama pasti mendambakan keluarga yang harmonis namun setiap keluarga pasti mengalami permasalahan yang mempengaruhi keutuhan dan ketahanan keluarga, keluarga beda agama harus berupaya untuk mempertahankan ketahanan keluarga beda agama di Kelurahan Karangjati yang ditinjau oleh Hukum Islam dan RUU Ketahanan Keluarga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya ketahanan keluarga beda agama dalam mempertahankan keluarga dan agama masing-masing anggota keluarga. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan metode pendekatan yuridis empiris. Jenis data yang digunakan yaitu dat primer dan sekunder. Metode pengambilan data dengan metode wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisa menggunakan metode induktif dan analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan keluarga beda agama mengupayakan sebuah keluarga yang utuh dengan membangun ketahanan keluarga yang kuat dengan kondisi masing-masing keluarga. Meskipun upaya yang di lakukan keluarga beda agama belum sepenuhnya sesuai dengan tuntunan syariat Islam namun hal tersebut tidaklah memberikan dampak yang besar dalam penurunan ketahanan keluarga beda agama di Kelurahan Karangjati. Namun, upaya ketahanan keluarga beda agama di Kelurahan Karangjati jika ditinjau dalam Hukum Islam dan RUU Ketahanan Keluarga masih belum terpenuhi dalam aspek keagamaan dan pola asuh anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Mar 2024 20:00
Last Modified: 05 Mar 2024 20:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19649

Actions (login required)

View Item View Item