PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA SISWA KELAS VIII A MTs SA ANNA’IM AJISOKO TAHUN PELAJARAN 2023/2024

PITASARI, PUTRI NUR (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA SISWA KELAS VIII A MTs SA ANNA’IM AJISOKO TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
PUTRI NUR PITASARI 23060170065.pdf

Download (5MB)
[img] Text
PUTRI NUR PITASARI 23060170065.pdf

Download (5MB)
[img] Text
PUTRI NUR PITASARI 23060170065.pdf

Download (5MB)
[img] Text
PUTRI NUR PITASARI 23060170065.pdf

Download (5MB)
[img] Text
PUTRI NUR PITASARI 23060170065.pdf

Download (5MB)
[img] Text
PUTRI NUR PITASARI 23060170065.pdf

Download (5MB)
[img] Text
PUTRI NUR PITASARI 23060170065.pdf

Download (5MB)
[img] Text
PUTRI NUR PITASARI 23060170065.pdf

Download (5MB)
[img] Text
PUTRI NUR PITASARI 23060170065.pdf

Download (5MB)
[img] Text
PUTRI NUR PITASARI 23060170065.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII A menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis praktikum pada materi sistem pencernaan pada manusia di MTs SA Anna’im Ajisoko tahun pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTs SA Anna’im Ajisoko yang berjumlah 20 siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materi, siswa menggunakan model pembelajaran CTL berbasis praktikum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan praktikum pada materi Sistem Pencernaan pada Manusia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A MTs SA Anna’im Ajisoko. Hal itu bisa di lihat dari indikatro keberhasilan individu yang telah ditetapkan yaitu KKM 75 dan indikator keberhasilan klasikal 85%. Peningkatan hasil belajar ini dapat didasarkan pada data hasil belajar rata-rata siswa siklus I adalah 70,7 dan mengalami peningkatan pada siklus II yakni 82,7. Bukan hanya dalam nilai rata-rata, dalam data ketuntasan KKM siswa antar siklus juga mengalami peningkatan untuk siklus I siswa yang tuntas hanya 9 siswa atau 45% sedangkan untuk siklus II mengalami peningkatan menjadi 17 siswa yang tuntas atau 85%. Dalam siklus II siswa yang belum tuntas ada 3 siswa dengan nilai mendekati KKM, dengan peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 40% Sehingga dapat dikatakan bahwa siklus telah diberhentikan karena mengacu pada indikator keberhasilan klasikal dimana siklus akan berhenti apabila 85% siswa telah mendapatkan nilai hasil belajar ≥ KKM. Penelitian ini menegaskan bahwa model pembelajaran CTL dengan praktikum dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran IPA, khususnya pada materi sistem pencernaan pada manusia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Mar 2024 21:39
Last Modified: 05 Mar 2024 21:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19655

Actions (login required)

View Item View Item