SIDR DALAM AL-QUR'AN (Studi Komparatif Dalam Tafsir Ilmi Kementrian Agama RI dan Tafsir AL-Jawahir Karya Imam Tanthawi Jawhari)

faizan, Rahmatika sa'adah (2024) SIDR DALAM AL-QUR'AN (Studi Komparatif Dalam Tafsir Ilmi Kementrian Agama RI dan Tafsir AL-Jawahir Karya Imam Tanthawi Jawhari). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI RAHMATIKA (BIDARA DALAM AL-QUR'AN).pdf

Download (1MB)

Abstract

Sidr merupakan salah satu tanaman yang disebut didalam al-Qur’an, hidupnya di dua tempat yakni di dunia dan di surga. Sidr dianggap sebagai tanaman yang tidak berguna, tidak berharga dan tidak memiliki nilai jual yang tingi. Berangkat dari latar belakang tersebut, penulis mengangkat tema Sidr Dalam Al-Qur’an Study Komparatif Dalam Tafsir Ilmi Kementrian Agama RI dan Tafsir Al-Jawahir Karya Imam Tanthowi Jauhari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif (perbandingan) dari kedua tafsir. Penelitian kepustakaan (library research) ini menitik beratkan pada literatur yang menganalisis muatan terkait dengan penelitian baik dari sumber data premier maupun sekunder. Dalam penelitian ini al-Qur’an yang akan ditafsirkan adalah surat Saba’ ayat 16, surat an-Najm ayat 13-16, dan surat al-Waqi’ah ayat 27-28. Adapun kesimpulan yang diperoleh penulis adalah, dari perspektif tafsir ilmi kemenag sidr merupakan pohon anggun cedrus yang berasal dari Lebanon, tumbuh di gurun pasir dan dapat bertahan hidup di empat musim. Sedangkan menurut al-Jawahir tanaman sidr yang hidup di dunia telah memiliki manfaat medis dan dapat digunakan untuk mandi/membasuh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Alqur'an
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Mar 2024 22:02
Last Modified: 05 Mar 2024 22:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19656

Actions (login required)

View Item View Item