IMPLEMENTASI PENDEKATAN KLARIFIKASI NILAI (VALUE CLARIFICATION APPROACH) DALAM MENANAMKAN RELIGIUSITAS DAN MORALITAS PADA SISWA MA ROUDLOTUL ‘ULUM KALIANGKRIK KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2023

Rofiq, Muchamad (2024) IMPLEMENTASI PENDEKATAN KLARIFIKASI NILAI (VALUE CLARIFICATION APPROACH) DALAM MENANAMKAN RELIGIUSITAS DAN MORALITAS PADA SISWA MA ROUDLOTUL ‘ULUM KALIANGKRIK KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS_MUCHAMAD ROFIQ_12010210025.pdf

Download (4MB)
[img] Text
TESIS_MUCHAMAD ROFIQ_12010210025.pdf

Download (4MB)
[img] Text
TESIS_MUCHAMAD ROFIQ_12010210025.pdf

Download (4MB)
[img] Text
TESIS_MUCHAMAD ROFIQ_12010210025.pdf

Download (4MB)
[img] Text
TESIS_MUCHAMAD ROFIQ_12010210025.pdf

Download (4MB)

Abstract

Implementasi Pendekatan Klarifikasi Nilai (Value Clarification Approach) dalam Menanamkan Religiusitas dan moralitas Pada Siswa MA Roudlotul ‘Ulum Kaliangkrik Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2023. Salatiga: Pascasarjana Universitas Islam Negeri Salatiga, 2023. Pembimbing: Dr. Mukh Nursikin, M.Si.,M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan implementasi pendekatan klarifikasi nilai, menganalisis faktor yang menghambat dalam proses implementasi yang dilakukan serta untuk menemukan solusi terhadap faktor penghambat implementasi pendekatan klarifikasi nilai dalam menanamkan nilai religiusitas dan moralitas pada siswa MA Roudlotul ‘Ulum Kaliangkrik Magelang. Metode penelitian ini menggunanakan pendekatan kualitatif naturalis yaitu penelitian dengan alami terjadi saat situasi dan kondisi normal. Penelitian ini berlokasi di MA Roudlotul ‘Ulum Kaliangkrik Magelang pada waktu bulan Desember 2022 sampai selesai. Dengan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini dalam ranah implementasi yang dilakukan oleh guru di ma roudlotul ‘ulum kaliangkrik adalah adanya penyusunan kurikulum, pemilihan materi pembelajaran serta metode yang digunakan, mengidentifikasi model perilaku siswa dan lain sebagainya. Sedangkan faktor yang menghambat adalah adanya ketidaksesuaian nilai dengan lingkungan sosial, kurangnya dukungan dari orang tua, tantangan dalam menyampaikan materi pendidikan, kurangnya sumber daya, kontroversi nilai, tantangan dalam membangun karakter, perubahan sosial dan budaya. Adapun solusi yang dilakukan adalah diperlukan peran guru dalam mengolah keterampilan dengan melihat dan menerapkan lima aspek religiusitas antara lain: aspek ideologi, aspek ritualistik, aspek eksperiensial, aspek intelektual, aspek konsekuensial. Kata Kunci: Pendekatan Klarifikasi Nilai, Religiusitas, dan Moralitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Mar 2024 18:15
Last Modified: 06 Mar 2024 18:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19667

Actions (login required)

View Item View Item