INTERNALISASI NILAI MODERASI BERAGAMA MELALUI STRATEGI INQUIRY DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS XI KELAS KHUSUS OLAHRAGA SMA NEGERI 3 SALATIGA

, Muhammad Nur Fadkhurohmad (2024) INTERNALISASI NILAI MODERASI BERAGAMA MELALUI STRATEGI INQUIRY DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS XI KELAS KHUSUS OLAHRAGA SMA NEGERI 3 SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS_PAK_FAThur Desember - Copy.pdf

Download (5MB)
[img] Text
TESIS_PAK_FAThur Desember - Copy.pdf

Download (5MB)
[img] Text
TESIS_PAK_FAThur Desember - Copy.pdf

Download (5MB)
[img] Text
TESIS_PAK_FAThur Desember - Copy.pdf

Download (5MB)
[img] Text
TESIS_PAK_FAThur Desember - Copy.pdf

Download (5MB)
[img] Text
TESIS_PAK_FAThur Desember - Copy.pdf

Download (5MB)

Abstract

Menanamkan moderasi beragama pada peserta didik agar memiliki pemahaman yang luas tentang keberagaman, cara pandang moderasi beragama dan perdamaian merupakan jaminan perdamaian sosial. Upaya memberikan pemahaman agama yang moderat merupakan langkah strategis untuk mempertegas permasalahan yang merebak di masyarakat yang berujung pada radikalisasi di kalangan pelajar dalam pemahaman terhadap ajaran agama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil internalisasi nilai moderasi beragama melalui strategi inquiry dalam pembelajaran PAI di kelas XI Kelas Khusus Olahraga SMA Negeri 3 Salatiga. Metode penelitian ini memakai pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan yang berorientasi pada fenomena kemudian didiskripsikan, penelitian dilakukan di kelas IX khusus olahraga SMA Negeri 3 Salatiga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: merencanakan internalisasi nilai-nilai moderasi beragama melalui kajian kurikulum. Pelaksanaan internalisasi nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran pendidikan agama adalah adanya penanaman dan penguatan cara pandang, pola pikir dan praktik moderasi beragama berbasis pada masalah, integrasi ke KD dan KI serta adanya morning greetings.Hasil internalisasi nilai-nilai moderasi beragama pada pembelajaran Pendidikan agama islam melalui strategi inquiry pada siswa kelas XI Kelas Khusus Olahraga SMA Negeri 3 Salatiga adalah mampu memahami dan memecahkan masalah-masalah, berfikir kritis analitis dan tumbuhnya sikap saling menghargai perbedaan pendapat, dan menghormati keputusan. Kata kunci: Internalisasi, Moderasi, Inquiry

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Mar 2024 19:42
Last Modified: 06 Mar 2024 19:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19671

Actions (login required)

View Item View Item