SEJARAH PONDOK PESANTREN TARBIYATUL ISLAM AL-FALAH DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP MASYARAKAT DESA DUKUH KOTA SALATIGA 1986-2015

Fatkhurruzam, Mukh Ghulam (2024) SEJARAH PONDOK PESANTREN TARBIYATUL ISLAM AL-FALAH DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP MASYARAKAT DESA DUKUH KOTA SALATIGA 1986-2015. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi fix.pdf

Download (1MB)
[img] Text
skripsi fix.pdf

Download (1MB)
[img] Text
skripsi fix.pdf

Download (1MB)
[img] Text
skripsi fix.pdf

Download (1MB)
[img] Text
skripsi fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan sebuah usaha untuk menunjukkan kepada masyarakat umum, bahwa betapa pentingnya pendidikan pesantren. Selain dari pendidikan umum masyarakat juga harus mengerti mengenai ilmu-ilmu agama dan yang mengajarkan ilmu tentang agama yang lebih mendalam, di ajarkan di dalam pondok pesantren. Seperti hal pondok yang dibangun oleh KH Muhammad Zoemri RWS di tengah-tengah masyarakat Desa Dukuh Salatiga yaitu Pondok pesantren Tarbiyatul Islam Al-Falah Salatiga. Selain mengajarkan ilmu agama, dengan adanya pondok pesantren yang berdiri di tengah-tengah masyarakat dapat juga membantu ekonomi masyarakat sekitar semakin meningkat. Penelitian skripsi ini menggunakan metode sejarah dengan tahapan heuristik (pengumpulan sumber), verifikasi (kritik sumber), interretasi (penafsiran), dan historiografi (penulisan sejarah). Adapun data yang diambil dari 2 sumber yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pondok pesantren merupakan salah satu faktor penting dalam perkembangan keilmuan di Indonesia.(2) Dengan adanya pondok pesantren di tengah masyarakat akan sangat membantu perkembangan masyarakat khususnya dalam bidang kegamaan, pendidikan, dan ekonomi.(3) KH. Muhammad Zoemri RWS merupakan salah satu ulama di Kota Salatiga yang banyak membantu perkembangan pendidikan di Salatiga, khususnya dalam pendidikan islam di Salatiga. Karena KH. Muhammad Zoemri telah mendirikan PPTI Al- Falah Salatiga dan SMK Al- Falah Salatiga tepatnya di Desa Dukuh Kota Salatiga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Sejarah Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Mar 2024 21:01
Last Modified: 06 Mar 2024 21:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19676

Actions (login required)

View Item View Item